Jumat, 23 September 2011

sejarah ilmu pengetahuan






                                                                                            

Sejarah Ilmu Pengetahuan

Munculnya Rasionalitas
Science is like other human activities, is one response to  our need to understand the world. The way it does so differs from possibly competing activities like religion, mythology, or for that matter common sense. (Alex Rosemberg).
Cuplikan ini sengaja ditampilkan untuk memberitahukan  bahwa ilmu pengetahuan sama saja dengan aktifitas lain yang dilakukan oleh kebanyakan manusia. Ilmu pengetahuan merupakan sebuah respon untuk memahami dunia. Jadi, ilmu pengetahuan bersifat terbuka untuk dikaji, ditelaah dan juga dilihat sebagaimana kita biasanya merespon sebuah kejadian, fenomena-fenomena yang ada dihadapan kita.
Selanjutnya, di Alex menambahkan sebuah contoh dalam bukunya, tentang dua teori yang dilahirkan oleh Newton dan Darwin. Dalam pandangan mereka tentang Alam, termasuk manusia di dalamnya, mempunyai corak yang berbeda. Newton menyebut bahwa manusia dan alam semesta sudah ditentukan secara beraturan, (no scope in this vast causal network for real free choice, for action and no room for moral responsibility). Berbeda dengan Darwin yang berpendapat bahwa manusia dan alam tercipta dari molekul-molekul yang berdiri sendiri dan secara bebas nantinya akan memberikan ruang untuk berekpresi, bertindak dan berkehendak.
Dua perbedaan yang ada di atas, menjadi salah satu contoh saja, dalam sebuah perdebatan kefilsafatan ataupun keilmuan. Pastinya, ilmu memang harus bersifat terbuka untuk direspon kembali dan dikritik. “Kritik” inilah yang menjadi subjek pembahasan kita kali ini. “kritik” menjadi subtansial di zaman Modern pada saat Emanuel Kant, tidak dapat menerima dua aliran yang bertentangan kala itu. Yakni, Rationalism dan Empiricism. Tapi, pada fase selanjutya “Kritis” menjadi terma tersendiri di German. Beberapa tokohnya adalah Max Horkheimer, Helbert Marcuse dan Adorno kemudian dilanjutkan Jurgen Habermas.
Tapi, bagaimanakah dengan “Metode berfikir Kritis”. Inipun serupa, menjadi kajian unik yang biasanya dilakukan oleh kawan-kawan UKPI untuk menumbuhkan sifat intelektual yang radical. Metode : adalah pola, cara, tools untuk menggapai kekritisan. Untuk lebih jelasnya mari kita berpindah pada core matter dalam pembahasan ini.
Berfikir (thinking).
Metode (cara) mungkin lebih mudah kita pahami. Pasalnya, metode merupakan terma yang menjadi common sense (pengetahuan umum). Berbeda dengan berfikir – apalagi ditambah dengan berbagai tambahan kosa kata lainnya -. Berfikir adalah activities to consider a serious thing (aktivitas untuk memahami, menyadari atau mengetahui sesuatu yang serius) (oxford dictionary). Definisi lainnya adalah berfikir adalah kegiatan mental yang dapat menghasilkan pengetahuan. Rudolf Flesch. Berfikir adalah kegiatan untuk mengolah hasil ingatan-ingatan.
Karakter dalam melakukan kegiatan “berfikir” adalah Rasional, sistematis, objektif, integral, komprehensif. Ada dua ragam pemikiran menurut Aristoteles. Pertama Contemplation (perenungan), yakni pemikiran untuk mencapai pengetahyuan tentang yang senyatanya, seharunya, atau yang mungkin demikian halnya. Kedua Deliberation yakni proses berfikir untuk menentukan pendirian mengenaia akan atau tidak dilakukannya sesuatu (chabib mustofa).
Selanjutnya, karakter befikir bertambah menjadi berfikir scientific, yakni sebuah karakter berfikir yang dilandaskan pada proposisi-proposisi ilmiah dan kerangkan keilmiahan. Jadi, proses berfikir manusia secara mutlak berada pada sifat subjektifitas seseorang. Apapun produk fikiran seseorang akan memberikan corak tersendiri pada tindakan yang akan dilakukan oleh orang itu sendiri.
Terminologi “Kritis” dalam bingkai sejarah kefilsafatan.
Tidak dapat dipungkiri bahwa istilah “Kritik” menjadi sangat popular di hadapan kita, sebagai ciri khas  para civitas akademika independent di Frankfurt  sebuah kota di Jerman. Akhirnya, “Kritis” tereduksi betul menjadi karakter yang dimikili oleh “Madzhab Frankfurt”. Tapi sebenarnya, evidensinya berkata lain. “Kritis” sudah terjadi sejak kefilsafatan itu terjadi. F. Budi Hardiman memberikan contoh kegiatan keilmuan yang terjadi pada saat renaissance merupakan bentuk auto kritik bagi para penganut paham keagamaan yang dikembangkan pada Abad Pertengahan (F. Budi Hardiman, Kritik Ideologi). Oleh karena itulah, dalam bingkai kesejarahan untuk mengidentifikasi peristilahan kritik, kita akan memulainya menggunakan pemikiran beberapa tokoh sebelum teori itu timbul (F. B. Hardiman).
  1. Kritik ala Kant atau Kantian
Sebelum Emanuel Kant (1724-1808) mendeklarasikan pandangannya tentang epistemologinya, terdapat dua aliran yang bertentangan antara Rasionalisme Rene Decartes dan Emperisme Hume. Setelah itulah, kemudian Kant menamakan epistemologinya sebagai kritisisme. Ada dua pola yang dikemukan menggunakan terma Kritik. Yakni critique of pure reasion, dan critique of practical reason.
Kant memposisikan sebagai penolak dua pandangan sekaligus. Bagi Kant, pengetahuan rasional benar, dan emperisme pun juga benar. Oleh sebab itulah, subtansinya berada pada subjek (manusia) mana yang lebih awal masuk menjadi sebuah pengetahuan. Dikala emperisme berada di dalam alam rasio, maka rasionalisme digunakan. Sedangkan, penggambaran tentang makna indrawi yang tidak nyata bisa terasa dengan penalaran menggunakan akal (rasio) manusia.
Kant juga terkenal dengan istiah Transendentalisme, yaitu suatu paham bahwa pengetahuan manusia berawal dari atas, atau diluar diri manusia (idealisme theis). Hal ini hampir sama dengan pengetahuan yang secara langsung diberi tahu Tuhan, tanpa adanya proses pengaplikasian dalam akal budi manusia ataupun berada dalam gambara inderawi. Intinya, bahwa Kritik Kant tetuju pada dua aliran yang ada sebelumnya. Fungsinya adalah untuk melengkapi sebuah kebenaran yang belum selesai.

2.Kritik ala Hegel atau Hegelian
Pemikiran ala Emanuel Kant, rupanya bukan sebuah sintesa yang absolute. Setelahnya, F. W. Hegel mengkritik Kant. Dia mengkritik keberadaan Idealisme Theis menjadi Idealisme Objektif. Bagi Hegel, pengetahuan Transendental yang dikatakan oleh Kant tidak dapat menggambarkan sebuah pengetahuan yang universal. Pengetahuan dari Tuhan merupakan hal yang abstrak. Dan tidak semua orang dapat memahami betul tentang terma transendental tersebut. Akhirnya, Hegel pun menamakan Teorinya dengan istilah Idealisme Objektif.
Idealisme objektif merupakan bentuk pengetahuan yang dihasilkan berawal dari fakta-fakta kesejarahan manusia. Hegel mengatakan bahwa manusia dilingkupi dengan lingkungan yang akan membentuk karakter kesejarahan mereka. Tulisan Hegel yang paling terkenal adalah tentang spirit of history, yakni tidak ada pengetahuan manusia yang ahistoris semuanya pasti ada fakta-fakta yang bisa menunjukkan pengetahuannya.
3. Kritik ala Freud Freudian
Psiko-analisis merupakan istilah yang menjadikannya terkenal Freud. Fokus Freud dalam teori kemasyarakatan adalah pada arus tindak tanduk prilaku psikis manusia. Bagi Freud, Kritik adalah Refleksi, baik dari pihak individu maupun masyarakat, atas konflik psikis yang menghasilkan represi dan ketidakbebasan internal, sehingga dengan cara refleksi itu masyarakat dan invidu dapat membebaskan diri dari kekuatan asing yang mengacaukan kesadarannya. Dengan singkat dikatakan bahwa kritik tak lain dari ketidak sadaran menjadi kesadaran.Dengan demikian Freud lebih memfokuskan pada pola kritis antar Individu bukan pada prospek global. Psikologi Kritis ini pula menghadiahkan Freud sebagai sosok yang menghadirkan psikologi modern.
“Teori Kritis”
Seluruh bentuk model kritik-kritik baik pengetahuan atau positivist yang ada di atas. Belum sampai bentuk teori kritis. Bapak pertama Teori Kritis adalah :
  1. Sejarah Madzhab Frankfurt
Nama Madzhab Frannfurt ditujukan kepada sekelompok sejana yang bekerja pada lembaga yang didirikan pada Tahun 1923 oleh Felix Weil, anak seorang pedagang gandum yang kaya raya dan sejana dalam ilmu politik, dengan bantuan ayahnya. Maksudnya adalah membentuk sebuah pusat penelitian yang independent dan yang mempunyai dasar financial sendiri, untuk menyelidiki persoalan-persoalan social yang – entah karena apa – tidak ditangani oleh penelitian ilmiah pada waktu itu. Oleh karena, mayoritas pekerjanya mengajar di Universitas Frankfurt. Maka dari itulah kemudian disebut dengan istilah “Madzhab Frankfurt”. (K. Bertens)
2. Tahap Pertama Max Horkheimer (1895-1973)
Horkheimer inilah yang menemukan “Teori Kritis”. Kata “Kritik” harus dimengerti dalam arti kritis terhadap ajaran-ajaran di bidang social yang terdapat pada saat itu, dan serentak juga dalam arti kritis terhadap keadaan masyarakat pada saat itu, yang memerlukan perubahan radikal.
Baginya, Kata Kritik sudah dipakai pada masa renaisans. Dalam masa itu, masyarakat Eropa membangkitkan kembali peradaban bangsa Yunani dan Romawi dan karena banyak inspirasi rasional yang ditimbanya. Kala itu, mereka berfikir untuk terbebas dari ajaran dogmatis Abad Pertengahan. Teori Kritis yang berkembang di Zaman Max Horkheimer adalah upaya kritis yang ditujukan kepada kerangka social yang ada pada Zaman Marx, Hegel dan Kant.
Pemikiran Max Horkhiemer adalah dari Teori Tradisonal ke Teori Kritis . Menurutnya teori Tradisional mempunyai point-point sebagai berikut :
  1. Sikap netral melestarikan keadaan yang ada, kenetralan itu tidak mempertanyakan kenyataan, tetapi hanya menerima dan membenarkannya; maka prinsip-prinsip umum sama dengan ideology.
  2. Teori Tradisional bersifat a histories. Dengan memutlakkan ilmu pengetahuan yang Universal, teori tradisonal melupakan masyarakat dalam proses historisnya. Ilmu pengetahuan hanya menjadi salah satu kegiatan dalam masyarakat
  3. Teori Tradisional memisahkan teori dan praksis; tidak berkecimpung dalam penerapan praksis system teoritis konseptualnya; tidak memikirkan implementasinya dalam masyarakat.
Sedangkan dalam Teori Kritis cirinya adalah :
  1. Kritis terhadap Masyarakat.
  2. Teori Berfikir Kritis bersifat historis
  3. Teori Kritis menyadari risiko setiap teori untuk jatuh dalam bentuk ideologis yang dimiliki oleh struktur masyarakat yang dimiliki oleh dasar masyarakat.
  4. Teori Kritis tidak memisahkan antara teori dan praktek, pengetahuan dari tindakan, rasio teoritis dan praksis.  
  5. Theodor W. Adorno (1903-1969)
Pemikiran Adorno pertama-tama menganalisa pemikiran yang dikembangkan oleh Hegel, Marx tentang Idealismenya. Idealisme (Hegel, Plato) menjelaskan bahwa berfikir ialah mengidentifikasikan. Sebaliknya bagi Adorno tugas Filsafat adalah menemukan kontradiksi, non identitas. Menurut Bertens, ini inti pemikiran Adorno yang sulit untuk diuraikan.
Selain yang tentang idealism, Adorno juga memiliki karya yang terpenting ialah Dealektika Negative yang oleh Adorno sendiri dalam kata pengantarnya disebuat sebuah inti system. Adorno dan Max Horkhiemer berpendapat bahwa perbedaan antara mitos dan ilmu pengetahuan hanyalah perbedaan dalam hakikat. Pada hakikatnya keduanya sama, mitos adalah penetahuan rational, tetapi pengetahuan dari mitos tak lain dari mitos baru. Misalnya dalam ilmu pengetahuan, pemikiran ditata menurut prosedur sistematis sehingga dapat bekerja secara tepat dan otomatis dibawah aturan pasti dan niscaya. Pemikiran positivistic dan matematis ini dapat dildulangi terus-menerus dalam berbagai kondisi kerena dianggap objektif. Dalam pemikiran ini, rasiomelakukan mimesis seperti yang dilakukan manusia mitis, sewaktu dapat berpertisipasi dalam tirus. Seperti pemikiran mitis pemikiran yang tunduk pada hukum matematis ini bersifata buta, tidak kritis, dan dibatasi repetisi. Bahkan menurut Adorno dan Horkheimer, matinya raisonalitas mada manusia mitis dalam pemikiran matematis, pikiran kita menjadi barang mati dan menjadi benda atau alat yang dipakai untuk mengkalkulasi objeknya. Jika melalui mimesis manusia mitis membekukan gambaran dunianya sehingga mereka terkungkung didalamnya, dalam pemikiran repetitive manusia rasional mempertahankan status quo cara berfikirnya sehingga dunia dan kehidupan dihadai secara positivistic. Dengan cara ini manusia rasional membekukan gambaran dunia sehingga menjadi ideologis.
Menurut Adorno dan Horkheimer berpendapat bahwa pencerahan menghasilkan konsep rasionalitas tertentu dan menghasilkan cara berfikir positivistic. Horkheimer menyebutkan dalam bukunya Eclipse of Reason (Kemunduran Rasio, 1974), bahwa pemahaman sarionalitas pencerah sebagai Zweckrationalitat (rasinal tujuan) atau dengan istilah mereka terkenal: rasio instrumental. Rasio ini hasil dari pencerahan itu memusuhi metafisika dan pemahaman mitologis yang berusaha memahami abstrak objektif tentang kenyataan yang penuh misteri, misalnya Tuhan, dunia, Ada, Roh. Tetapi sekalipun pencerahan memusuhi pemahaman metafisis dan metologis, pencerahan mempertahankan  “cara” rasio memahami kenyataan. Kemudian cara rasio memahami kenyataan metafisis itu dirumuskan dalam prinsip logis yang telah dikosongkan dari “isi” nya yang metafisis dan menjadi “bentuk” saja. Hasil yang dicapai memalui formalisasi cara berfikir demikian adalah logika formal matematika. Disini rasio kehilangan “isi” dan tujuan pada dirinya sendiri untuk memahami kenyataan serta menjadi prinsip belaka. Karena kehilangan isi dan tujuan pada diri, rasio menjadi netral dan dapat dipakai demi tujuan diluar dirinya. Dengan kata lain rasio menjadi instrument belaka, dan dalam istilah yang diambil oleh Weber, rasio pencerahan ini menjadi Zweckrationalitat. Rasio menjadi tukang atau alat kalkulasi yang setia pada tujuan diluar dirinya.
3. Helbert Marcuse (1898-1979)
Kalau Max Horkhiemer dan Adorno menyoroti sejarah tentang munculnya rasionalitas zaman ini, Marcuse menyoroti bagaimana rasionalitas zaman ini berfungsi sebagai ideology dan dominasi. Dalam arti ini, Marcuse berpendapat ilmu pengetahuan dan tekhnologi modern yang sebenarnya dapat membebaskan manusia dari tuntutan untuk bekerja keras ternyata menjadi system penguasaan total dalam masyarakat. Intinya, Marcuse akan mengungkapkan bahwa Ilmu Pengetahuan dan tekhnologi menjadi dominasi yang mengkungkung kehidupan manusia itu sendiri.
Marcuse juga berbicara banyak tentang Rasionalitas Tekhnologis, ciri utama utama rasionalitas ini adalah bersifat ideologis, artinya rasionalitas tekhnologis ini tidak lagi netral, karena sebenarnya dia telah menyediakan dirinya sebagai sara bagi pelestarian kekuasaan yang ada. Rasio terjebak menjadi ideology ini akhirnya kehilangan sifat hakiki sebagai raio. Karena itupun ia telah kehilangan sifat kritisnya menjadi semata-mata instrumentalis. Rasionalitas akhirnya akan melahirkan suatu system kemasyarakatan yang bersifat represif dan totaliter.
Represif artinya system yang menindas kemampuan-kemampuan alamiah manusia untuk mengungkapkan kebebasannya sebagai sesuatu essensial. Sedangkan arti totaliter berarti system ini berifat menyeluruh, dan mengurusi segala hal.
Ciri kedua rasionalitas ini adalah nilai-nilai yang menlandasi rasionalitas ini memakai nilai-nilai yang menekankan efesiesnsi, produktivitas, kelancaran dan kepastian matematis. Orientasi terhadap nilai-nilai tersebut, menuntut pendekatan yang paling tepat mencapai nilai-nilai tersebut. Pendekatan yang tepat adalah pendekatan kuantitatif.
Keadaan yang menjadikan rasionalitas Tekhnologis seperti ini seakan-akan memberikan repressive tolerance, yaitu suatu keadaan yang tampaknya toleran dan memberikan kesan seolah-olah memberi kebebasan seluas-luasnya, padahal maksudnya tidak lain adalah penindasan.


4. Jurgen Habermas (1929-…)
Habermas adalah sosok baru dari “Teori Kritis”, sosok yang menjelma sebagai  penerus dan pelembaga yang mengimplementasikan teori ini menjadi praxis pula. Membahasa Jurgen Habermas mungkin akan membutuhkan waktu yang sangat lama. Pasalnya, tidak hanya zaman Modern secara umum yang dijadikan objek kritiknya, melainkan juga para pendahulunya di “Madzhab Frankfurt”. Mari kita perhatikan sebuah cuplikan dari bukunya yang mengatakan :
” Membaca Adorno membuat saya berani membahas secara sistematis apa yang secara historis dipaparkan oleh Lukacs dan Korchs : Teori Reifikasi sebagai teori rasionalisasi menurut Weber. Sejak saat itu, masalah saya adalah teori tentang modernitas, suatu teori mengenai patologi modernitas dari sudut pandang realisasi – realisasi yang cacat- dari rasio dalam sejarah”
Habermas sebagai pembaharu dan penyempurna Teori Kritis, dia menyebutkan bahwa ” dalam daya kekuatan refleksi  diri, pengetahuan dan kepentingan adalah satu”. Jadi, membebaskan sebuah ilmu kepengetahuan dan teknologi diluar jalur kepentingan adalah hal yang sulit untuk dilakukan. Teori Kritis Jurgen Habermas lebih pada taraf implementatif. Yakni apa yang disebutkan dengan masyarakat yang komunikatif. Masyarakat yang mempunyai relasi, interaksi yang bebas dan tidak terdominasi oleh tekhnologi dan pengetahuan.

Sejarah ilmu pengetahuan adalah studi tentang sejarah perkembangan pemahaman manusia dari alam. Sejarah ilmu pada dasarnya merupakan sejarah pikiran umat manusia terlepas dari asal usul kebangsaan maupun asal mula negara, dan pembagian lintasan sejarah ilmu yang paling tepat adalah menurut urutan waktu dan bukan berdasarkan pembagian negara, lintasan sejarah ilmu terbaik mengikuti pembagian kurun waktu dari satu zaman yang terdahulu ke zaman berikutnya, zaman tertua dari pertumbuhan ilmu adalah zaman kuno yang merentang antra tahun kurang lebih 4000 SM-400M. Zaman kuno ini dapat dibagi menjadi 3 bagian yaitu:
  1. ± 4000- 6000 s.M : Masa Mesir dan Babilon
  2. 600-30 s.M : Masa Yunani Kuno
  3. 30 SM-400 M : Masa Romawi
Di mesir mulai tumbuh berbagai gagasan ilmiah dari pengetahuan arsitektur, ilmu gaya, ilmu hitung, ilmu ukur. Semua ilmu ini penting untuk keperluan membangun berbagai kuil, istana, dan piramid. Ilmu bedah dan ilmu kedokteran juga mulai dikembangkan di Mesir, di Babilonia dikembangkan berbagai gagasan ilmiah dari ilmu bintang dan ilmu pasti. Suatu hal lain yang perlu diketahui bahwa masih melekat pada pertumbuan ilmu pada masa yang pertama ini adalah adanya penjelasan penjelasan yang persifat gaib. Pada masa berikutnya di Yunani Kuno antara tahun 600-30 S.M mengenal siapa para pengembang ilmu serta tempat dan tahun kelahirannya.
Ada dua jenis ilmu yang dipelajari yang pada waktu itu mendekati kematangannya, pertama, ilmu kedokteran, praktek yang setidaknya mencoba menerapkan metode yang berdisiplin dalam pengamatan dan penarikan kesimpulan, dan kedua, geometri, yang sedang mengumpulkan setumpukan hasil di seputar hubungan-hubungan antara ilmu hitung yang disusun secara khusus dan sedang mendekati masalah-masalah struktur logis serta masalah-masalah definisi. Imuwan-ilmuwan yang terkemuka pada waktu itu di antaranya adalahThales (±525-654 s.M.) merupakan ilmuwan yang pertama di dunia karena ia memplopori tumbuhnya Ilmu Bintang, Ilmu Cuaca, Ilmu Pelayaran, dan Ilmu Ukur dengan berbagai ciptaaan dan penemuan penting. Ilmuwan Yunani Kuno kedua adalah Pythagoras (578?-510 s.M.) merupakan ahli Ilmu Pasti. Ilmuwan Yunani Kuno yang ketiga adalah Democritus (±470-±400 s.M.), gagasan ilmiahnya yang terkenal ialah tentang atom.
Perkembangan ilmu pada Masa berikutnya adalah Masa Romawi yang merupakan masa terakhir dari pertumbahan ilmu pada Zaman Kuno dan merupakan masa yang paling sedikit memberikan sumbangsih pada seajarah ilmu dalam Zaman Kuno. Namun bangsa Romawi memiliki kemahiran dalam kemampuan keinsinyuran dan keterampilan ketatalaksanaan serta mengatuur hukum dan pemerintahan. Bangsa ini tidak menekankan soal-soal praktis dan mengabaikan teori ilmiah, sehingga pada masa ini tidak muncul ilmuwan yang terkemuka. Perkembangan berikutnya pada zaman pertengahan, ribuan naskah pengetahuan dari Zaman Yunani Kuno yang terselamatkan dan diterjemahkan dalam bahasa Arab oleh cendekiawan Muslim dan sebagian ditambahi catatan ulasan, abad VII dan VIII Kaum Muslim meguasai wilayah-wilayah Asia Kecil sampai Mesir dan Spanyol. Kota-kota yang merupakan pusat-pusat kebudayaannya ialah Bagdad, Damaskus, Kairo, Kordoba, dan Toledo. Ilmuwan-ilmuwan Muslim yang terkenal seperti Al-Razi (865-925) dan Ibnu Sina (980-1037) adalah ahli ilmu Kedokteran, Jabir ibn Hayyan (±721-±815) dalam Pengetahuan Kimia dan obat-obatan, serta dalam Ilmu Penglihatan oleh Ibn al-Haytham (965-1038).

Sampai akhir abad 20 sejarah ilmu pengetahuan, khususnya ilmu-ilmu fisik dan biologi, dipandang sebagai narasi merayakan kemenangan atas teori-teori yang benar palsu. Ilmu digambarkan sebagai dimensi utama dari kemajuan peradaban. Dalam beberapa dekade terakhir, pandangan postmodern, terutama dipengaruhi oleh Thomas Kuhn , The Structure of Scientific Revolutions (1962), sejarah ini terlihat dalam hal paradigma yang bersaing atau sistem konseptual berjuang untuk merebut supremasi intelektual dalam matriks yang lebih luas yang mencakup intelektual, budaya, ekonomi dan tema politik luar ilmu murni. Perhatian baru dibayar untuk ilmu di luar konteks Eropa Barat.
Menurut Kuhn  masing-masing paradigma baru kembali menulis sejarah ilmu pengetahuan hingga saat oleh seleksi dan distorsi paradigma mantan pelopor nya. Uraian tentang sejarah teori ekonomi bawah ini adalah contoh yang baik.
Ilmu adalah tubuh empiris , teoritis , dan praktis pengetahuan tentang dunia alami , yang dihasilkan oleh para peneliti memanfaatkan metode ilmiah , yang menekankan pengamatan, penjelasan , dan prediksi dunia nyata fenomena oleh eksperimen. Mengingat status ganda ilmu sebagai tujuan pengetahuan dan sebagai konstruksi manusia, baik historiografi ilmu pengetahuan mengacu pada metode-metode historis dari kedua sejarah intelektual dan sejarah sosial.
Menelusuri asal-usul yang tepat dari ilmu pengetahuan modern adalah mungkin melalui teks-teks penting yang telah selamat dari dunia klasik. Namun, kata ilmuwan yang relatif baru-pertama kali diciptakan oleh William Whewell pada abad ke-19. Sebelumnya, orang menyelidiki alam yang disebut diri filosof alam .
Sementara empiris investigasi dari dunia alam telah dijelaskan sejak zaman klasik (misalnya, oleh Thales , Aristoteles , dan lain-lain), dan metode ilmiah telah digunakan sejak Abad Pertengahan (misalnya, oleh Ibn al-Haytham , Abu Rayhan al- Biruni dan Roger Bacon ), fajar sains modern umumnya ditelusuri kembali ke periode modern awal , selama apa yang dikenal sebagai Revolusi Ilmiah yang terjadi di Eropa abad ke-16 dan 17.
Metode ilmiah dianggap begitu fundamental bagi ilmu pengetahuan modern bahwa beberapa - terutama filsuf ilmu pengetahuan dan ilmuwan berlatih - mempertimbangkan pertanyaan sebelumnya ke alam menjadi pra-ilmiah. Secara tradisional, sejarawan ilmu pengetahuan telah didefinisikan ilmu pengetahuan cukup luas untuk mencakup mereka pertanyaan.
Pada zaman prasejarah, saran dan pengetahuan yang diwariskan dari generasi ke generasi dalam tradisi lisan . Sebagai contoh, domestikasi jagung untuk pertanian telah ketinggalan jaman ke sekitar 9.000 tahun lalu di Meksiko selatan, sebelum pengembangan sistem penulisan. Demikian pula, bukti arkeologis menunjukkan perkembangan pengetahuan astronomi dalam masyarakat yang belum melek huruf.
Perkembangan penulisan pengetahuan memungkinkan untuk disimpan dan dikomunikasikan lintas generasi dengan kesetiaan yang jauh lebih besar. Dikombinasikan dengan pembangunan pertanian , yang memungkinkan untuk surplus makanan, menjadi mungkin bagi peradaban awal untuk mengembangkan, karena lebih banyak waktu bisa dicurahkan untuk tugas-tugas lain kecuali bertahan hidup.
Banyak peradaban kuno mengumpulkan informasi astronomi secara sistematis melalui pengamatan sederhana. Meskipun mereka tidak memiliki pengetahuan tentang struktur fisik sebenarnya dari planet-planet dan bintang-bintang, penjelasan teoritis banyak diusulkan. Fakta-fakta dasar tentang fisiologi manusia dikenal di beberapa tempat, dan alkimia dipraktekkan di beberapa peradaban. Cukup observasi flora dan fauna makrobiotik juga dilakukan.
A.    Sains di China.
Peradaban Cina merupakan salah satu peradaban yang kaya dengan penciptaan dan penemuan ilmiah. Ianya banyak memberi sumbangan kepada perkembangan sains dan teknologi dunia. Ini banyak memberi kontribusi kepada perkembangan sains dan teknologi dunia. Hasil daripada interaksi antara tamadun maka muncul nya pinjam meminjam antara tamadun. Hasil dari interaksi antara peradaban maka muncul nya pinjam meminjam antara peradaban. China dalam situasi ini banyak memberi beberapa pengetahuan kepada dunia Barat mengenai sains dan teknologi. Cina dalam situasi ini banyak memberi beberapa pengetahuan kepada dunia Barat mengenai sains dan teknologi. Namun demikian China juga tidak ketinggalan menerima pengaruh sains dari tamadun lain. Namun demikian Cina juga tidak ketinggalan menerima pengaruh sains dari peradaban lain. Oleh itu perkembangan ini menggalakkan perrkembangan sains dan teknologi dunia. Oleh itu perkembangan ini mendorong perrkembangan sains dan teknologi dunia.
Pada dasarnya sains dan teknologi China adalah hasil daripada kepercayaan magik dan kuasa ghaib. Pada dasarnya sains dan teknologi Cina adalah hasil dari kepercayaan magik dan kekuasaan gaib. Dari asas ini orang Cina cuba untuk memberi jawapan tentang fenomene-fenomena alam. Dari dasar ini orang Cina mencoba untuk memberi jawaban pada fenomene-fenomena alam. Keadaan-keadaan banjir, hujan , pergerakan matahari, bulan dan sebagainya merupakan perkara yang sukar difahami oleh masyarakat Cina. Kondisi-kondisi banjir, hujan, pergerakan matahari, bulan dan sebagainya merupakan hal yang sulit dipahami oleh masyarakat Cina. Oleh itu muncul nujum atau bomoh yang bertindak untuk memberi beberapa jawapan kepada persoalan alam. Oleh itu muncul nujum atau bomoh yang bertindak untuk memberi beberapa jawaban atas pertanyaan alam. Daripada pengkajian orang Cina terhadap kulit kura-kura, tulang binatang dan daun pokok maka timbulnya pengetahuan mereka mengenai jawapan alam. Dari penelitian orang Cina terhadap kulit kura-kura, tulang hewan dan daun pohon maka timbulnya pengetahuan mereka tentang jawaban alam.
Dengan kata lain, magik dan kuasa gahib masyarakat Cina secara tidak langsung membantu orang Cina mempelajari atau menghasilkan pengetahuan mengenai bidang-bidang pengetahuan seperti sains, perubatan, matematik, astronomi dan sebagainya. Dengan kata lain, magik dan kekuasaan gahib masyarakat Cina secara tidak langsung membantu orang Cina mempelajari atau menghasilkan pengetahuan tentang bidang-bidang pengetahuan seperti sains, kedokteran, matematika, astronomi dan sebagainya. Sebagai contoh usaha yang berterusan dilakukan oleh nujum mengenai pentafsiran fenomena siang dan malam telah membantu proses perkembangan sistem kalendar. Misalnya usaha yang berkelanjutan dilakukan oleh nujum mengenai penafsiran fenomena siang dan malam telah membantu proses perkembangan sistem kalender. Begitu juga dengan usaha mencari formula untuk hidup lebih lama membawa penemuan kajian kimia dan perubatan. Begitu juga dengan usaha mencari formula untuk hidup lebih lama membawa temuan penelitian kimia dan medis.
Namun demikian penemuan sains mereka tidak dijelmakan sebagai satu perkembangan teknologi yang mampu meningkatkan lagi tamadun mereka. Namun demikian penemuan ilmiah mereka tidak dijelmakan sebagai satu perkembangan teknologi yang mampu meningkatkan peradaban mereka. Keadaan ini ternyata benar apabila China gagal menangani kemaraan Barat pada abad ke-19. Kondisi ini ternyata benar saat Cina gagal menangani serangan Barat pada abad ke-19. Usaha-usaha pemodenan mereka juga menemui kegagalan. Usaha-usaha modernisasi mereka juga menemui kegagalan. Keadaan ini merupakan satu pengajaran besar bagi China untuk maju ke hadapan bagi meningkatkan perkembangan tamadun mereka. Kondisi ini merupakan satu pengajaran besar untuk Cina untuk maju untuk meningkatkan perkembangan peradaban mereka.
1.      Dasar ilmu cina
Ada dua dasar penting perkembangan sains Cina yaitu Yin dan Yang, dan teori lima unsur. Prinsip Yin dan Yang ini merujuk kepada kestabilan alam. Prinsip Yin dan Yang ini mengacu pada stabilitas alam. Walaupun dua unsur ini bertentangan namun ia memainkan peranan penting dalam perkembagan dan imbangan alam. Meskipun dua unsur ini bertentangan namun ia memainkan peran penting dalam perkembagan dan keseimbangan alam. Jika tiada imbangan ini maka berlakulah masalah bagi alam semula jadi. Yin dan Yang merupakan dua kuasa yang lengkap-melengkapi. Jika tidak keseimbangan ini maka terjadilah masalah untuk alam. Yin dan Yang merupakan dua kekuatan yang lengkap-melengkapi.
Manakala teori Lima Unsur tidak ketahui siapa penciptanya ia dimualai oleh ahli falsafah Tsou Yen pada abad ke-3 SM (350-270 SM). Sedangkan teori Lima Unsur tidak ketahui siapa penciptanya ia dimualai oleh filsuf Tsou Yen pada abad ke-3 SM (350-270 SM). beliau membuat andaian bahawa kebanyakan fenomena alam manusia berlaku berlaku berdasarkan lima perkara. beliau membuat asumsi bahwa kebanyakan fenomena alam manusia terjadi terjadi berdasarkan lima hal. Warna misalnya datang dari warna kuning, hijau, merah, putih dan hitam. Warna misalnya datang dari warna kuning, hijau, merah, putih dan hitam. Arah datang dari lima arah iaitu timur, barat, selatan, utara dan tengah. Arah datang dari lima arah yaitu timur, barat, selatan, utara dan tengah. Begitu juga berlaku ke atas rasa. Begitu juga terjadi pada rasa. Terdapat lima rasa yang ketara iaitu pahit, manis, pedas, masam dan masin. Ada lima rasa yang signifikan yaitu pahit, manis, pedas, masam dan asin. Kelima-lima unsur ini dikaitkan dengan satu kitaran supaya satu unsur tidak mendomonasi keadaan. Kelima unsur ini dikaitkan dengan siklus agar satu unsur tidak mendomonasi kondisi.
  1. Struktur
Sistem penelitian ilmiah China merupakan satu koperasi, terdiri dari Akademi Ilmu Pengetahuan Cina (CAS), sekolah pendidikan tinggi, departemen industri, departemen pertahanan nasional dan lembaga penelitian lokal ilmiah. Di atas 160 organisasi ilmiah dan akademis nasional berafiliasi dengan Asosiasi Cina untuk Sains dan Teknologi , serta cabang-cabangnya di kota-kota besar dan menengah berbagai, juga kekuatan penting dalam penelitian ilmiah dan teknologi.
Berbasis di Beijing CAS adalah lembaga akademis tertinggi Cina dan pusat penelitian yang komprehensif dalam ilmu alam. Divisi akademik meliputi matematika dan fisika, kimia, geografi, biologi, ilmu teknologi, dan memiliki lebih dari 100 lembaga penelitian di seluruh China. Sebelum 2010, CAS berencana untuk menemukan beberapa lembaga penelitian nasional 80 yang mengkhususkan diri dalam inovasi ilmiah dan teknologi dan pengembangan yang berkesinambungan.
Ada sekitar 700 CAS Akademisi-judul seumur hidup tertinggi akademik hibah pemerintah di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Usia rata-rata 58 terpilih pada tahun 2003 adalah 58,86, kelompok termuda yang pernah, dua termuda yang hanya 37 tahun. The Chinese Academy of Engineering (CAE) adalah kehormatan tertinggi, konsultasi lembaga dalam ilmu teknik dan teknologi, pelaksanaan studi strategis rekayasa penting terkait negara masalah, memberikan konsultasi untuk pengambilan keputusan, dan mempromosikan pengembangan ilmu teknik dan teknologi. Ada 663 CAE akademisi, termasuk 62 yang terpilih pada tahun 2003.
Peran National Science Foundation Alam Cina (NSFC) adalah untuk mendukung penelitian dasar dan beberapa penelitian terapan proyek menggunakan alokasi pemerintah sejalan dengan prinsip-prinsip negara membimbing dan sci-tech kebijakan pembangunan. elama dua belas tahun terakhir, NSFC telah disubsidi ribuan proyek penelitian beragam dan sekitar 60.000 ilmuwan yang bekerja dalam penelitian dasar.
  1. Sejarah
Ilmu pengetahuan dan teknologi telah lama disibukkan pemimpin RRC. Pada tahun 1976 Perdana Menteri Zhou Enlai didirikan "Sains dan Teknologi" (科技) sebagai salah satu Empat Modernisasi. Para generasi ketiga dan keempat pemimpin datang hampir secara eksklusif dari latar belakang teknis. Jiang Zemin dan Zhu Rongji dilatih sebagai insinyur listrik. Hu Jintao dilatih sebagai insinyur hidrolik.
Menurut beberapa ahli ilmu kebijakan Cina, distorsi dalam perekonomian dan masyarakat yang diciptakan oleh Partai Komunis Cina aturan telah menyakiti ilmu pengetahuan Tiongkok. Sebelum 1990-an, Akademi Ilmu Pengetahuan Cina (CAS), dimodelkan pada sistem Soviet, ditempatkan banyak bakat ilmiah RRC di alat, besar di bawah-yang didanai sebagian besar tetap terisolasi dari industri. Namun, sebagai akibat dari reformasi ekonomi China , lembaga ilmiah yang paling Cina telah didorong untuk mengkomersilkan kegiatan mereka, dan ilmuwan Cina telah semakin mulai "Xiahai" (masukkan laut) atau masuk ke bisnis.
Reformasi dari Akademi Ilmu Pengetahuan Cina terus bahkan sebagai debat banyak ilmuwan Cina apa yang pengaturan kelembagaan yang terbaik untuk ilmu pengetahuan Tiongkok. Rata-rata usia para peneliti China di Chinese Academy of Sciences telah turun hampir sepuluh tahun antara 1991 dan 2003, sebagai generasi tua pensiun dan peneliti muda, banyak dididik di Amerika Serikat dan negara-negara asing lainnya, mengambil tempat mereka CAS juga memotong jumlah lembaga yang kembali dari seratus dua puluh pada tahun 1998 untuk sembilan puluh delapan di tahun 2005.
Cina pendaftaran universitas sarjana dan pascasarjana lebih dari dua kali lipat dari 1995 sampai 2005. Universitas-universitas sekarang memiliki lebih dari RRC dikutip makalah CAS dalam Science Citation Index. Beberapa ilmuwan China mengatakan CAS masih unggul pada kualitas keseluruhan dari karya ilmiah, tetapi memimpin yang hanya akan berlangsung lima sampai sepuluh tahun.
4.      Ilmu yang berkembang
·            Matematika: Dari awal Cina menggunakan sistem desimal posisional di papan penghitungan untuk menghitung. Untuk mengungkapkan 10, batang tunggal ditempatkan di kotak kedua dari kanan. Bahasa yang digunakan menggunakan sistem yang mirip dengan bahasa Inggris: misalnya 4207. Tidak ada simbol yang digunakan untuk nol. Pada abad pertama SM, angka negatif dan pecahan desimal yang digunakan dan Bab Sembilan pada Seni matematika termasuk metode untuk mengekstraksi akar orde tinggi dengan metode Horner dan memecahkan persamaan linear dan teorema Pythagoras. Persamaan kubik diselesaikan di dinasti Tang dan solusi dari persamaan orde tinggi dari 3 muncul di cetak di 1245 oleh Qin Chiu-shao . segitiga Pascal untuk koefisien binomial digambarkan sekitar 1100 oleh Jia Xian .
Meskipun upaya pertama pada axiomatisation geometri muncul dalam Mohist kanon pada 330 SM, Liu Hui mengembangkan metode dalam geometri aljabar pada abad ke-3 dan juga menghitung pi sampai 5 angka signifikan. Zu Chongzhi ditingkatkan ini dengan menemukan rasion yang tetap nilai yang paling akurat untuk 1200 tahun.
·         Astronomi: Astronomi pengamatan dari Cina merupakan urutan yang kontinu terpanjang dari peradaban manapun dan termasuk catatan bintik matahari (112 SM catatan dari 364), supernova (1054), bulan dan gerhana matahari. Pada abad ke-12, mereka bisa cukup akurat membuat prediksi gerhana, tetapi pengetahuan ini hilang selama dinasti Ming, sehingga Jesuit Matteo Ricci mendapatkan banyak menguntungkan pada 1601 oleh prediksi. Dengan 635 astronom Cina telah mengamati bahwa ekor komet selalu menunjuk jauh dari matahari.
Dari jaman dahulu, orang Cina menggunakan sistem khatulistiwa untuk menggambarkan langit dan peta bintang dari 940 digambar menggunakan (silinder Mercator proyeksi). Penggunaan suatu lingkup armillary direkam dari abad ke-4 SM dan bola permanen terpasang di sumbu khatulistiwa dari 52 SM. Pada 125 Masehi Zhang Heng digunakan tenaga air untuk memutar bola secara real time. Ini termasuk cincin untuk meridian dan ekliptika. Dengan 1270 mereka telah memasukkan prinsip-prinsip Uni torquetum.
1.      Seismologi: Untuk lebih mempersiapkan untuk bencana, Zhang Heng menemukan sebuah seismometer di 132 CE yang memberikan peringatan instan kepada pihak berwenang di ibukota Luoyang bahwa gempa bumi terjadi di lokasi yang ditunjukkan oleh tertentu atau arah kardinal ordinal . [42] Meskipun tidak ada getaran bisa dirasakan di ibukota ketika Zhang mengatakan kepada pengadilan bahwa gempa baru saja terjadi di barat laut, sebuah pesan datang segera setelah itu bahwa gempa bumi memang melanda 400 km (248 mil) untuk 500 km (310 mil) barat laut dari Luoyang (dalam apa sekarang yang modern Gansu ). [43] Zhang disebut perangkat nya yang 'alat untuk mengukur angin musiman dan gerakan bumi (Houfeng Didong yi风地动仪), dinamakan demikian karena dia dan orang lain berpikir bahwa gempa bumi yang paling mungkin disebabkan oleh kompresi besar udara yang terjebak. [44] Lihat seismometer Zhang untuk rincian lebih lanjut.
Ada banyak kontributor terkemuka bidang ilmu pengetahuan Tiongkok sepanjang zaman. Salah satu contoh terbaik akan Shen Kuo (1031-1095), seorang polymath ilmuwan dan negarawan yang pertama untuk menggambarkan magnetik jarum kompas yang digunakan untuk navigasi , menemukan konsep utara benar , meningkatkan desain astronomi gnomon , armillary bola , tabung penglihatan , dan clepsydra , dan menggambarkan penggunaan Drydocks ke kapal-kapal perbaikan. Setelah mengamati proses alami dari genangan lumpur dan menemukan dari laut fosil di Pegunungan Taihang (ratusan mil dari Samudera Pasifik ), Shen Kuo merancang sebuah teori pembentukan tanah, atau geomorfologi Ia juga mengadopsi teori bertahap perubahan iklim di daerah dari waktu ke waktu, setelah mengamati membatu bambu ditemukan di bawah tanah di Yan'an , Shaanxi provinsi. Jika tidak untuk menulis Shen Kuo, [45] karya arsitektur Yu Hao akan sedikit diketahui, bersama dengan penemu jenis bergerak percetakan , Bi Sheng (990-1051). Kontemporer Shen Lagu Su (1020-1101) juga seorang polymath brilian, seorang astronom yang menciptakan sebuah atlas peta bintang surgawi, menulis sebuah risalah farmasi dengan subyek terkait botani , zoologi , mineralogi , dan metalurgi , dan telah membangun besar astronomi clocktower di Kaifeng kota di 1088. Untuk mengoperasikan penobatan lingkup armillary , menara jam itu menampilkan sebuah pelarian mekanisme dan tertua gunakan dikenal dunia dari kekuatan-transmisi tak terbatas rantai drive .
Para Yesuit Cina misi dari abad 16 dan 17 "belajar untuk menghargai prestasi ilmiah dari budaya kuno dan membuat mereka dikenal di Eropa Melalui korespondensi mereka ilmuwan Eropa pertama kali belajar tentang ilmu pengetahuan dan budaya China.." [46] Barat akademik pemikiran pada sejarah teknologi Cina dan ilmu galvanis oleh karya Joseph Needham dan Needham Research Institute. Di antara prestasi teknologi China, menurut sarjana Inggris Needham, awal seismologi detektor ( Zhang Heng pada abad ke-2), yang bertenaga air surgawi dunia (Zhang Heng), pertandingan , penemuan independen dari sistem desimal , dok kering , geser kaliper , double-aksi pompa piston , besi cor , dengan tanur tinggi , yang besi bajak , multi-tabung benih bor , yang gerobak dorong , yang jembatan gantung , yang mesin penampi , yang kipas berputar , yang parasut , gas alam sebagai bahan bakar, mengangkat-bantuan peta , yang baling-baling , yang panah , dan bahan bakar padat roket , para roket multistage , para kerah kuda , bersama dengan kontribusi dalam logika , astronomi , kedokteran , dan bidang lainnya.
Namun, faktor budaya dicegah prestasi ini China berkembang menjadi apa yang kita sebut "ilmu pengetahuan modern". Menurut Needham, mungkin telah kerangka religius dan filosofis intelektual Cina yang membuat mereka tidak dapat menerima ide-ide hukum alam:
2.      Seismologi: Untuk lebih mempersiapkan untuk bencana, Zhang Heng menemukan sebuah seismometer di 132 CE yang memberikan peringatan instan kepada pihak berwenang di ibukota Luoyang bahwa gempa bumi terjadi di lokasi yang ditunjukkan oleh tertentu atau arah kardinal ordinal . [42] Meskipun tidak ada getaran bisa dirasakan di ibukota ketika Zhang mengatakan kepada pengadilan bahwa gempa baru saja terjadi di barat laut, sebuah pesan datang segera setelah itu bahwa gempa bumi memang melanda 400 km (248 mil) untuk 500 km (310 mil) barat laut dari Luoyang (dalam apa sekarang yang modern Gansu ). [43] Zhang disebut perangkat nya yang 'alat untuk mengukur angin musiman dan gerakan bumi (Houfeng Didong yi风地动仪), dinamakan demikian karena dia dan orang lain berpikir bahwa gempa bumi yang paling mungkin disebabkan oleh kompresi besar udara yang terjebak. [44] Lihat seismometer Zhang untuk rincian lebih lanjut.
Ada banyak kontributor terkemuka bidang ilmu pengetahuan Tiongkok sepanjang zaman. Salah satu contoh terbaik akan Shen Kuo (1031-1095), seorang polymath ilmuwan dan negarawan yang pertama untuk menggambarkan magnetik jarum kompas yang digunakan untuk navigasi , menemukan konsep utara benar , meningkatkan desain astronomi gnomon , armillary bola , tabung penglihatan , dan clepsydra , dan menggambarkan penggunaan Drydocks ke kapal-kapal perbaikan. Setelah mengamati proses alami dari genangan lumpur dan menemukan dari laut fosil di Pegunungan Taihang (ratusan mil dari Samudera Pasifik ), Shen Kuo merancang sebuah teori pembentukan tanah, atau geomorfologi Ia juga mengadopsi teori bertahap perubahan iklim di daerah dari waktu ke waktu, setelah mengamati membatu bambu ditemukan di bawah tanah di Yan'an , Shaanxi provinsi. Jika tidak untuk menulis Shen Kuo, [45] karya arsitektur Yu Hao akan sedikit diketahui, bersama dengan penemu jenis bergerak percetakan , Bi Sheng (990-1051). Kontemporer Shen Lagu Su (1020-1101) juga seorang polymath brilian, seorang astronom yang menciptakan sebuah atlas peta bintang surgawi, menulis sebuah risalah farmasi dengan subyek terkait botani , zoologi , mineralogi , dan metalurgi , dan telah membangun besar astronomi clocktower di Kaifeng kota di 1088. Untuk mengoperasikan penobatan lingkup armillary , menara jam itu menampilkan sebuah pelarian mekanisme dan tertua gunakan dikenal dunia dari kekuatan-transmisi tak terbatas rantai drive .
Para Yesuit Cina misi dari abad 16 dan 17 "belajar untuk menghargai prestasi ilmiah dari budaya kuno dan membuat mereka dikenal di Eropa Melalui korespondensi mereka ilmuwan Eropa pertama kali belajar tentang ilmu pengetahuan dan budaya China.." [46] Barat akademik pemikiran pada sejarah teknologi Cina dan ilmu galvanis oleh karya Joseph Needham dan Needham Research Institute. Di antara prestasi teknologi China, menurut sarjana Inggris Needham, awal seismologi detektor ( Zhang Heng pada abad ke-2), yang bertenaga air surgawi dunia (Zhang Heng), pertandingan , penemuan independen dari sistem desimal , dok kering , geser kaliper , double-aksi pompa piston , besi cor , dengan tanur tinggi , yang besi bajak , multi-tabung benih bor , yang gerobak dorong , yang jembatan gantung , yang mesin penampi , yang kipas berputar , yang parasut , gas alam sebagai bahan bakar, mengangkat-bantuan peta , yang baling-baling , yang panah , dan bahan bakar padat roket , para roket multistage , para kerah kuda , bersama dengan kontribusi dalam logika , astronomi , kedokteran , dan bidang lainnya.
Namun, faktor budaya dicegah prestasi ini China berkembang menjadi apa yang kita sebut "ilmu pengetahuan modern". Menurut Needham, mungkin telah kerangka religius dan filosofis intelektual Cina yang membuat mereka tidak dapat menerima ide-ide hukum alam:
Bukan karena ada agar ada di alam untuk orang Cina, melainkan bahwa itu bukan perintah ditahbiskan oleh seorang pribadi yang rasional, dan karenanya tidak ada keyakinan bahwa makhluk pribadi rasional akan mampu mengeja dalam bahasa mereka lebih rendah duniawi kode ilahi hukum yang telah ditetapkan dahulu. Para Taois , memang, akan punya ide semacam itu dicemooh sebagai terlalu naif untuk kecerdikan dan kompleksitas alam semesta saat mereka berintuisi itu”.
Dengan pembagian Kekaisaran Romawi, Kekaisaran Romawi Barat kehilangan kontak dengan banyak masa lalu. Para Perpustakaan Alexandria , yang telah menderita karena jatuh di bawah kekuasaan Romawi, [48] telah dihancurkan oleh 642, segera setelah penaklukan Arab Mesir . [49] [50] Sementara Kekaisaran Bizantium masih dipegang pusat pembelajaran seperti Konstantinopel , pengetahuan Barat Eropa terkonsentrasi di biara sampai pengembangan universitas abad pertengahan pada abad 12 dan 13. Kurikulum sekolah monastik termasuk studi dari beberapa teks kuno yang tersedia dan karya baru pada mata pelajaran praktis seperti obat-obatan [51] dan ketepatan waktu. [52]
Sementara itu, di Timur Tengah, filsafat Yunani bisa menemukan beberapa dukungan baru dibuat di bawah Kekaisaran Arab. Dengan penyebaran Islam di abad ke 7 dan 8, periode Islam beasiswa, yang dikenal sebagai Zaman Keemasan Islam , berlangsung hingga abad ke-13. Beasiswa ini dibantu oleh beberapa faktor. Penggunaan satu bahasa, Arab , memungkinkan komunikasi tanpa perlu penerjemah. Akses ke Yunani dan Latin teks dari Kekaisaran Bizantium bersama dengan India sumber belajar yang diberikan cendekiawan Muslim basis pengetahuan untuk membangun di atas.
B.     Sains di arab
Ilmuwan Muslim menekankan jauh lebih besar pada percobaan daripada memiliki Yunani . [53] Hal ini menyebabkan awal metode ilmiah yang dikembangkan di dunia Muslim, di mana kemajuan yang signifikan dalam metodologi dibuat, dimulai dengan percobaan dari Ibn al-Haytham (Alhazen) pada optik dari sekitar tahun 1000, dalam bukunya Book of Optics . Hukum pembiasan cahaya dikenal orang-orang Arab. [54] Perkembangan yang paling penting dari metode ilmiah adalah penggunaan eksperimen untuk membedakan antara teori-teori ilmiah yang bersaing diatur dalam umumnya empiris orientasi, yang dimulai di antara para ilmuwan Muslim. Ibn al-Haytham juga dianggap sebagai bapak optik, terutama untuk bukti empiris tentang teori jalan masuk cahaya. Beberapa juga dijelaskan Ibn al-Haytham sebagai "ilmuwan pertama" untuk pengembangan metode ilmiah modern. [55]
Rosanna Gorini writes: Rosanna Gorini menulis:
“ "
 "Menurut mayoritas sejarawan al-Haytham adalah pelopor metode ilmiah modern. Dengan bukunya ia mengubah arti dari istilah optik dan eksperimen didirikan sebagai norma bukti di lapangan penyelidikan-Nya tidak didasarkan pada abstrak. teori, tetapi pada bukti-bukti eksperimental dan percobaan secara sistematis dan berulang ". [56]
” "
Dalam matematika , para Persia matematika Muhammad bin Musa al-Khwarizmi memberi namanya dengan konsep algoritma , sedangkan istilah aljabar berasal dari al-jabr, awal dari judul salah satu dari publikasi. Apa yang sekarang dikenal sebagai angka Arab aslinya berasal dari India, tapi ahli matematika Muslim memang membuat beberapa perbaikan sistem nomor, seperti pengenalan titik desimal notasi. Sabian matematikawan Al-Battani (850-929) memberikan kontribusi untuk astronomi dan matematika, sedangkan Persia sarjana Al-Razi memberikan kontribusi untuk kimia dan obat-obatan.
Dalam astronomi , Al-Battani meningkatkan pengukuran Hipparchus , diawetkan dalam terjemahan Ptolemy 's Dia Megale sintaks (Risalah besar) diterjemahkan sebagai Almagest . Al-Battani juga meningkatkan ketepatan pengukuran presesi sumbu bumi. Koreksi dibuat untuk model yang geosentris oleh al-Battani, Ibnu al-Haytham , [57] Ibn Rusyd dan astronom Maragha seperti Nasir al-Din al-Tusi , Mo'ayyeduddin Urdi dan Ibnu al-Shatir yang mirip dengan heliosentris Copernicus Model . [58] [59] heliosentris teori mungkin juga telah dibahas oleh beberapa astronom Muslim lainnya seperti Abu Ja'far bin Muhammad al-Balkhi Ma'shar , [60] Abu Rayhan Biruni- , Abu Said al-Sijzi , [61 ] Quthb al-Din al-Syirazi , dan Najm al-Din al-Qazwini Al-Kātibī . [62]
Kimiawan Muslim dan alkemis memainkan peran penting dalam fondasi modern kimia . Cendekiawan seperti Will Durant [63] dan Fielding H. Garrison [64] dianggap kimiawan Muslim untuk menjadi pendiri kimia.  Secara khusus, Jabir bin Hayyan adalah "dianggap oleh banyak untuk menjadi ayah dari kimia". [65] [66] Karya-karya ilmuwan Arab dipengaruhi Roger Bacon (yang memperkenalkan metode empiris ke Eropa, sangat dipengaruhi oleh bacaannya penulis Arab ), [67] dan kemudian Isaac Newton . [68]
Ibnu Sina ( Avicenna ) dianggap sebagai ilmuwan dan filsuf paling berpengaruh dalam Islam. [69] Ia memelopori ilmu kedokteran eksperimental [70] dan adalah dokter pertama yang melakukan uji klinis. [71] Nya dua karya yang paling terkenal dalam kedokteran adalah Kitab al-Shifa ʾ ("Buku Penyembuhan") dan The Canon of Medicine , yang keduanya digunakan sebagai obat teks standar dalam dunia Muslim dan di Eropa hingga abad ke-17. Di antara banyak kontribusi adalah penemuan sifat menular dari penyakit menular, [70] dan pengenalan farmakologi klinis. [72]
Beberapa ilmuwan terkenal lain dari dunia Islam termasuk Al-Farabi ( polymath ), Abu al-Qasim (pelopor bedah ), [73] Abu Rayhan al-Biruni (pelopor Indology , [74] geodesi dan antropologi ), [ 75] Nasiruddin al-Tusi (polymath), dan Ibnu Khaldun (pendahulu dari ilmu-ilmu sosial [76] seperti demografi , [77] sejarah budaya , [78] historiografi , [79] filsafat sejarah dan sosiologi ), [ 80] di antara banyak lainnya.
Islam ilmu mulai penurunan di abad ke-12 atau 13, dalam hubungannya dengan Renaissance di Eropa, dan karena sebagian untuk 11-abad ke-13 Mongol penaklukan , di mana perpustakaan, observatorium, rumah sakit dan universitas hancur. [81] Akhir dari zaman keemasan Islam ditandai dengan penghancuran pusat intelektual Baghdad , ibukota kekhalifahan Abbasiyah pada tahun 1258. [81]

KEBANGKITAN SAINS DI EROPA
Sains Abad Pertengahan di Eropa
Artikel utama: Ilmu di Eropa Barat Abad Pertengahan dan Bizantium ilmu
Informasi lebih lanjut: Renaisans abad ke-12 , Skolastik , teknologi Abad Pertengahan , dan kontribusi Islam ke Eropa Abad Pertengahan
Peta universitas Abad Pertengahan
Sebuah revitalisasi intelektual Eropa dimulai dengan lahirnya universitas Abad Pertengahan di abad ke-12. Kontak dengan dunia Islam di Spanyol dan Sisilia , dan selama Reconquista dan Perang Salib , memungkinkan akses Eropa untuk ilmiah Yunani dan Arab teks, termasuk karya-karya Aristoteles , Ptolemy , Jabir bin Hayyan , al-Khawarizmi , Alhazen , Ibnu Sina , dan Averroes . Sarjana Eropa memiliki akses ke program terjemahan Raymond dari Toledo , yang disponsori abad ke-12 Sekolah Toledo para Penerjemah dari bahasa Arab ke Latin. Kemudian penerjemah seperti Michael Scotus akan belajar bahasa Arab dalam rangka untuk mempelajari teks-teks secara langsung. Universitas-universitas Eropa dibantu material dalam terjemahan dan propagasi teks-teks dan mulai infrastruktur baru yang dibutuhkan untuk komunitas ilmiah. Bahkan, universitas Eropa menaruh banyak karya tentang dunia alam dan mempelajari alam di pusat kurikulum, [82] dengan hasil bahwa "universitas abad pertengahan memberi penekanan pada ilmu jauh lebih besar daripada rekan modern dan keturunan." [83]

Selain ini, Eropa mulai usaha lebih lanjut dan lebih ke timur (terutama, mungkin, Marco Polo ) sebagai akibat dari Mongolica Pax . Hal ini menyebabkan peningkatan pengaruh ilmu India dan bahkan Cina pada tradisi Eropa. Kemajuan teknologi juga dibuat, seperti penerbangan awal Eilmer dari Malmesbury (yang pernah belajar Matematika di abad ke-11 Inggris ), [84] dan metalurgi prestasi Cistersian tanur tiup di Laskill . [85] [86] Patung Roger Bacon , Oxford University Museum. Pada awal abad ke-13 ada terjemahan Latin yang cukup akurat dari karya-karya utama dari hampir semua penulis kuno intelektual penting, yang memungkinkan transfer suara ide-ide ilmiah melalui kedua universitas dan biara-biara. Pada saat itu, filsafat alam yang terkandung dalam teks-teks mulai diperpanjang oleh terkemuka skolastik seperti Robert Grosseteste , Roger Bacon , Albertus Magnus dan Duns Scotus . Prekursor dari metode ilmiah modern, dipengaruhi oleh kontribusi sebelumnya dari dunia Islam, dapat dilihat sudah dalam penekanan Grosseteste pada matematika sebagai cara untuk memahami alam, dan dalam pendekatan empiris dikagumi oleh Bacon, terutama dalam bukunya Majus Opus . Duhem Pierre ' s tesis provokatif Gereja Katolik Penghukuman dari 1277 menyebabkan studi ilmu abad pertengahan sebagai suatu disiplin yang serius, "tapi tidak ada yang di lapangan lagi mendukung pandangannya bahwa ilmu pengetahuan modern dimulai pada tahun 1277". [87]
Paruh pertama abad ke-14 melihat karya ilmiah banyak penting dilakukan, terutama dalam kerangka skolastik komentar pada tulisan-tulisan ilmiah Aristoteles. [88] William Ockham memperkenalkan prinsip parsimoni : filosof alam tidak harus mendalilkan entitas yang tidak perlu, sehingga dengan gerakan bukan hal yang berbeda tetapi hanya objek bergerak [89] dan perantara "spesies yang masuk akal" tidak diperlukan untuk mengirimkan gambar objek untuk mata. [90] Para pakar seperti Jean Buridan dan Nicole Oresme mulai menafsirkan unsur-unsur mekanika Aristoteles. Secara khusus, Buridan mengembangkan teori bahwa pendorong adalah penyebab dari gerak proyektil, yang merupakan langkah pertama menuju konsep modern inersia . [91] Para Kalkulator Oxford mulai matematis menganalisis kinematika gerak, membuat analisis ini tanpa mempertimbangkan penyebab gerak. [92]
Pada 1348, para Black Death dan bencana lainnya disegel akhir mendadak pada periode sebelumnya pengembangan filosofis dan ilmiah besar. Namun, penemuan kembali teks-teks kuno ditingkatkan setelah Kejatuhan Konstantinopel pada tahun 1453, ketika banyak Bizantium sarjana harus mencari perlindungan di Barat. Sementara itu, pengenalan cetak memiliki pengaruh besar pada masyarakat Eropa. Memfasilitasi penyebaran kata dicetak demokratisasi belajar dan mengizinkan propagasi lebih cepat dari ide-ide baru. Ide-ide baru juga membantu untuk mempengaruhi perkembangan ilmu pengetahuan Eropa pada saat ini: tidak sedikit pengenalan Aljabar . Perkembangan ini membuka jalan bagi Revolusi Ilmiah , yang juga dapat dipahami sebagai kembalinya proses perubahan ilmiah, berhenti di awal Black Death.
Dampak ilmu pengetahuan di Eropa
Artikel utama: Revolusi Ilmiah dan Age of Reason
Lihat juga: tesis Kontinuitas , Penurunan alkimia Barat , dan sihir Alam
Isaac Newton dimulai mekanika klasik dalam fisika .
Vesalius studi 'terinspirasi bunga dalam anatomi manusia .
Pembaruan belajar di Eropa, yang dimulai dengan abad ke-12 SKOLASTIK , berakhir tentang waktu Black Death, dan periode berikutnya awal Renaisans Italia kadang-kadang dilihat sebagai jeda dalam aktivitas ilmiah. The Renaissance Utara , di sisi lain, menunjukkan pergeseran yang menentukan fokus dari filsafat alam Aristoteleian untuk kimia dan ilmu biologi (botani, anatomi, dan kedokteran). [93] Dengan demikian ilmu pengetahuan modern di Eropa dilanjutkan dalam periode pergolakan yang besar : dengan Reformasi Protestan dan Katolik Kontra-Reformasi , penemuan benua Amerika oleh Christopher Columbus , yang Kejatuhan Konstantinopel , tetapi juga penemuan kembali Aristoteles selama periode skolastik presaged perubahan sosial dan politik besar. Jadi, lingkungan yang cocok dibuat di mana itu menjadi mungkin untuk pertanyaan doktrin ilmiah, dalam banyak cara yang sama bahwa Martin Luther dan John Calvin mempertanyakan doktrin agama. Karya-karya Ptolemeus (astronomi) dan Galen (obat) ditemukan tidak selalu sesuai pengamatan sehari-hari. Bekerja dengan Vesalius pada mayat manusia menemukan masalah dengan pandangan kedokteran anatomi. [94]
Kesediaan untuk pertanyaan sebelumnya memegang kebenaran dan mencari jawaban baru menghasilkan sebuah periode kemajuan ilmiah utama, sekarang dikenal sebagai Revolusi Ilmiah . Revolusi Ilmiah secara tradisional dipegang oleh kebanyakan sejarawan telah dimulai pada tahun 1543, ketika buku De Humani corporis fabrica (Pada kerja dari Tubuh Manusia) oleh Andreas Vesalius , dan juga De Revolutionibus , oleh astronom Nicolaus Copernicus , pertama kali dicetak. Tesis dari buku Copernicus adalah bahwa Bumi bergerak mengelilingi matahari. Periode ini memuncak dengan penerbitan Naturalis Principia Mathematica Philosophiæ pada tahun 1687 oleh Isaac Newton , wakil dari pertumbuhan belum pernah terjadi sebelumnya publikasi ilmiah di seluruh Eropa. Lain kemajuan ilmiah yang signifikan dilakukan selama ini oleh Galileo Galilei , Edmond Halley , Robert Hooke , Christiaan Huygens , Tycho Brahe , Johannes Kepler , Gottfried Leibniz , dan Blaise Pascal . Dalam filsafat, kontribusi besar dibuat oleh Francis Bacon , Sir Thomas Browne , Rene Descartes , dan Thomas Hobbes . Metode ilmiah juga lebih baik dikembangkan sebagai cara berpikir modern menekankan eksperimentasi dan alasan atas pertimbangan tradisional.

C.     Abad pertengahan

Menyerang suku-suku Jermanik yang bergerak ke dalam dunia beradab dari Barat dan semua tapi hancur budaya kuno yang disediakan hampir tidak ada pendidikan formal untuk anak-anak mereka. Pada awal Abad Pertengahan sistem Romawi sekolah yang rumit telah menghilang. Umat ​​manusia dalam abad ke-5 Eropa mungkin telah dikembalikan hampir ke tingkat pendidikan primitif bukan karena gereja Abad Pertengahan, yang diawetkan apa belajar sedikit Barat telah selamat dari runtuhnya Kekaisaran Romawi. Dalam, koridor berangin tidak ramah sekolah gereja, lampu belajar terus membakar rendah, meskipun berkelip buruk.
Katedral, biara, dan istana sekolah dioperasikan oleh ulama di beberapa bagian Eropa Barat. Kebanyakan siswa adalah anggota masa depan atau sekarang ulama, meskipun beberapa siswa awam dilatih untuk menjadi pegawai.Berbeda dengan sekolah-sekolah Yunani dan Romawi, yang berusaha untuk mempersiapkan orang untuk kehidupan ini, sekolah-sekolah gereja berusaha untuk mempersiapkan para untuk hidup di luar kubur melalui kontemplasi Allah selama hidup mereka di bumi. Sekolah-sekolah mengajarkan siswa untuk membaca Latin sehingga mereka bisa menyalin dan dengan demikian melestarikan dan mengabadikan tulisan-tulisan para Bapa Gereja. Siswa belajar dasar-dasar matematika sehingga mereka bisa menghitung tanggal festival keagamaan, dan mereka berlatih menyanyi sehingga mereka bisa mengambil bagian dalam pelayanan gereja.
Berbeda dengan Yunani, yang menganggap kesehatan fisik bagian dari pendidikan, gereja menganggap tubuh manusia bagian dari dunia profan dan karenanya sesuatu yang harus diabaikan atau kasar disiplin. Para siswa menghadiri sekolah yang suram dan dingin, dan aktivitas fisik sangat ditekan.
D.    Sekolah un-dinilai - 6 tahun dan 16 tahun (atau orang dewasa dalam hal ini) kadang-kadang berbagi bangku yang sama. Pendidikan Abad Pertengahan dapat dipahami lebih baik jika seseorang menyadari bahwa selama ribuan tahun sebagai masa kanak-kanak yang dikenal saat ini secara harfiah tidak ada. Tidak ada perbedaan psikologis dibuat antara anak dan dewasa. Sekolah abad pertengahan tidak benar-benar ditujukan untuk anak-anak. Sebaliknya, itu adalah semacam sekolah kejuruan untuk panitera dan pendeta. A 7-tahun di Abad Pertengahan menjadi bagian integral dari dunia orang dewasa, menyerap pengetahuan dewasa dan melakukan pekerjaan laki-laki sebaik dia bisa selama apa yang hari ini akan menjadi pertengahan tahun pendidikan dasar. Itu tidak sampai abad ke-18 bahwa anak diakui, tidak sampai 20 yang mulai dipahami.
Abad ke-12 dan 13, menjelang akhir Abad Pertengahan, melihat munculnya universitas-universitas. Kurikulum universitas di sekitar 1200 terdiri dari apa yang kemudian disebut tujuh seni liberal. Yang pertama adalah trivium persiapan: tata bahasa, retorika, dan logika. Pembagian kedua yang lebih maju adalah quadrivium: aritmatika, geometri, musik, dan astronomi.
Seperti Roma, para ulama dari Abad Pertengahan mengambil alih isi pendidikan Yunani dan diadaptasi ke budaya mereka sendiri. Subyek tradisional diselimuti dengan asumsi agama. Astronomi, misalnya, dipenuhi oleh astrologi, dan aritmatika penuh makna mistis:
Ada 22 sextarii dalam gantang karena Tuhan pada awalnya dibuat 22 karya, ada 22 generasi dari Adam sampai Yakub, dan 22 kitab Perjanjian Lama sejauh Ester dan 22 huruf alfabet yang keluar dari hukum ilahi terdiri .
Untuk pengetahuan Abad Pertengahan adalah sebuah badan otoritatif kebenaran yang diwahyukan.Itu bukan untuk sarjana untuk mengamati alam dan untuk menguji, pertanyaan, dan menemukan kebenaran bagi dirinya sendiri tetapi untuk menafsirkan dan menjelaskan doktrin-doktrin diterima. Jadi sarjana abad pertengahan mungkin perdebatan tentang berapa banyak malaikat yang bisa berdiri di kepala peniti, tetapi ia tidak mempertanyakan keberadaan malaikat.
Untuk kredit pendidikan abad pertengahan, pada abad 12 pendidikan perempuan tidak lagi diabaikan, meskipun hanya sebagian kecil dari perempuan benar-benar bersekolah di sekolah. Kebanyakan biara wanita berpendidikan, seperti yang ditunjukkan oleh huruf terkenal dari Heloise biarawati Perancis, yang menerima pendidikan klasik di biara dari sebelum menjadi kepala biara Argenteuil nya. Early in the 12th century, girls from noble families were enrolled at Notre Dame de Paris in the classes of the French theologian and philosopher Peter Abelard Pada awal abad ke-12, gadis dari keluarga bangsawan yang terdaftar di Notre Dame de Paris di kelas teolog dan filsuf Perancis Peter Abelard
Pendidikan Abad Pertengahan masalah. Ada banyak putus, pengaruh gereja kadang dibius daripada dimeriahkan pikiran; dan sarjana sering diharapkan untuk menerima unreasoned dan terbukti. Bahan hanya sedikit dan miskin. Banyak perpustakaan universitas memiliki lebih sedikit dari seratus jilid. Karena buku-buku begitu langka, pelajaran harus ditentukan dan kemudian hafal. Namun demikian, sekolah mengakhiri era abad pertengahan panjang barbarisme, meluncurkan karir laki-laki mampu, dan mempertajam pikiran dan lidah para siswa berpikir dan ambisius.
Untuk anak-anak bangsawan di Abad Pertengahan abad ke-13, ada pendidikan kesatria. Ini adalah jenis pendidikan sekunder yang diterima laki-laki muda ketika tinggal di rumah-rumah bangsawan atau di pengadilan. Ini termasuk beberapa puisi, sejarah nasional, lambang, tata krama dan kebiasaan, latihan fisik, menari, sedikit musik, dan keterampilan pertempuran. Kesatria, pendidikan sekuler diatur oleh kode daripada kurikulu. Anak laki-laki dari kelas bawah bisa belajar perdagangan melalui magang di toko pengrajin.

MASA PENCERAHAN

Abad Pencerahan

Further information: Age of Enlightenment The Age of Enlightenment was a European affair. Era Pencerahan adalah urusan Eropa. The 17th century "Age of Reason" opened the avenues to the decisive steps towards modern science, which took place during the 18th century "Age of Enlightenment". Abad "Age of Reason" 17 membuka jalan untuk langkah-langkah yang menentukan terhadap ilmu pengetahuan modern, yang terjadi selama "Abad Pencerahan" abad ke-18. Directly based on the works [ 95 ] of Newton , Descartes , Pascal and Leibniz , the way was now clear to the development of modern mathematics , physics and technology by the generation of Benjamin Franklin (1706–1790), Leonhard Euler (1707–1783), Mikhail Lomonosov (1711–1765) and Jean le Rond d'Alembert (1717–1783), epitomized in the appearance of Denis Diderot 's Encyclopédie between 1751 and 1772. Langsung didasarkan pada karya-karya [95] dari Newton , Descartes , Pascal dan Leibniz , cara itu sekarang jelas bagi perkembangan modern matematika , fisika dan teknologi oleh generasi Benjamin Franklin (1706-1790), Leonhard Euler (1707-1783 ), Mikhail Lomonosov (1711-1765) dan Jean le Rond d'Alembert (1717-1783), dicontohkan dalam penampilan Denis Diderot 's Encyclopedia antara 1751 dan 1772. The impact of this process was not limited to science and technology, but affected philosophy ( Immanuel Kant , David Hume ), religion (notably with the appearance of positive atheism , and the increasingly significant impact of science upon religion ), and society and politics in general ( Adam Smith , Voltaire ), the French Revolution of 1789 setting a bloody cesura indicating the beginning of political modernity [ citation needed ] . Dampak dari proses ini tidak terbatas pada ilmu pengetahuan dan teknologi, tetapi dipengaruhi filsafat ( Immanuel Kant , David Hume ), agama (khususnya dengan munculnya positif ateisme , dan dampak yang semakin signifikan dari ilmu pengetahuan terhadap agama ), dan masyarakat dan politik di umum ( Adam Smith , Voltaire ), dengan Revolusi Perancis tahun 1789 menetapkan cesura berdarah menunjukkan awal modernitas politik [ rujukan? ]. The early modern period is seen as a flowering of the European Renaissance, in what is often known as the Scientific Revolution , viewed as a foundation of modern science . [ 96 ] Para periode modern awal dipandang sebagai berbunga dari Renaissance Eropa, dalam apa yang sering dikenal sebagai Revolusi Ilmiah , dipandang sebagai dasar dari ilmu pengetahuan modern . [96]

Romanticism in science Romantisisme dalam sains

Main article: Romanticism in science Artikel utama: Romantisisme dalam sains

The Romantic Movement of the early 19th century reshaped science by opening up new pursuits unexpected in the classical approaches of the Enlightenment.Gerakan Romantik pada abad ke-19 awal dibentuk kembali ilmu dengan membuka kegiatan baru yang tak terduga di pendekatan klasik Pencerahan. Major breakthroughs came in biology, especially in Darwin's theory of evolution, as well as physics (electromagnetism), mathematics (non-Euclidean geometry, group theory) and chemistry (organic chemistry). Terobosan besar datang dalam biologi, khususnya dalam teori evolusi Darwin, serta fisika (elektromagnetisme), matematika (non-Euclidean geometri, teori grup) dan kimia (kimia organik). The decline of Romanticism occurred because a new movement, Positivism, began to take hold of the ideals of the intellectuals after 1840 and lasted until about 1880. Penurunan terjadi karena Romantisisme gerakan baru, Positivisme, mulai memegang cita-cita intelektual setelah 1840 dan berlangsung sampai sekitar 1880.

Modern science Ilmu pengetahuan modern

The Scientific Revolution established science as a source for the growth of knowledge. [ 97 ] During the 19th century, the practice of science became professionalized and institutionalized in ways that continued through the 20th century. Revolusi Ilmiah didirikan ilmu pengetahuan sebagai sumber untuk pertumbuhan pengetahuan. [97] Selama abad 19, praktek ilmu pengetahuan menjadi diprofesionalkan dan dilembagakan dalam cara yang terus berlanjut sampai abad ke-20. As the role of scientific knowledge grew in society, it became incorporated with many aspects of the functioning of nation-states. Sebagai peran pengetahuan ilmiah tumbuh dalam masyarakat, menjadi tergabung dengan banyak aspek fungsi negara-bangsa.
The history of science is marked by a chain of advances in technology and knowledge that have always complemented each other. Sejarah ilmu pengetahuan ditandai oleh serangkaian kemajuan teknologi dan pengetahuan yang selalu saling melengkapi. Technological innovations bring about new discoveries and are bred by other discoveries, which inspire new possibilities and approaches to longstanding science issues. Inovasi teknologi baru membawa penemuan dan dibesarkan oleh penemuan-penemuan lain, yang menginspirasi kemungkinan baru dan pendekatan terhadap isu-isu ilmu pengetahuan lama.

Natural sciences Ilmu alam

Physics Fisika

Main article: History of physics Artikel utama: Sejarah fisika
The Scientific Revolution is a convenient boundary between ancient thought and classical physics. Nicolaus Copernicus revived the heliocentric model of the solar system described by Aristarchus of Samos . Revolusi Ilmiah adalah batas nyaman antara pikiran kuno dan fisika klasik. Nicolaus Copernicus menghidupkan kembali heliosentris model sistem surya yang dijelaskan oleh Aristarchus dari Samos . This was followed by the first known model of planetary motion given by Kepler in the early 17th century, which proposed that the planets follow elliptical orbits, with the Sun at one focus of the ellipse. Galileo (" Father of Modern Physics ") also made use of experiments to validate physical theories, a key element of the scientific method. Ini diikuti oleh model pertama yang diketahui yang diberikan oleh gerakan planet Kepler di awal abad ke 17, yang mengusulkan bahwa planet ikuti elips orbit, dengan Sun pada satu fokus elips. Galileo ("Bapak Fisika Modern") juga dibuat penggunaan eksperimen untuk memvalidasi teori fisik, elemen kunci dari metode ilmiah.
In 1687, Isaac Newton published the Principia Mathematica , detailing two comprehensive and successful physical theories: Newton's laws of motion , which led to classical mechanics; and Newton's Law of Gravitation , which describes the fundamental force of gravity. Pada 1687, Isaac Newton menerbitkan Principia Mathematica , merinci dua teori fisika yang komprehensif dan sukses: Hukum gerak Newton , yang menyebabkan mekanika klasik, dan Hukum Gravitasi Newton , yang menjelaskan gaya dasar gravitasi. The behavior of electricity and magnetism was studied by Faraday , Ohm , and others during the early 19th century. Perilaku listrik dan magnetisme dipelajari oleh Faraday , Ohm , dan lainnya selama awal abad ke 19. These studies led to the unification of the two phenomena into a single theory of electromagnetism , by Maxwell (known as Maxwell's equations ). Studi-studi ini mengarah pada penyatuan dua fenomena menjadi sebuah teori tunggal elektromagnetisme , oleh Maxwell (dikenal sebagai persamaan Maxwell ).
Diagram of the expanding universe Diagram dari alam semesta yang mengembang
The beginning of the 20th century brought the start of a revolution in physics. Awal abad ke-20 membawa mulai dari sebuah revolusi dalam fisika. The long-held theories of Newton were shown not to be correct in all circumstances. Yang lama dipegang teori Newton yang ditampilkan tidak benar dalam segala situasi. Beginning in 1900, Max Planck , Albert Einstein , Niels Bohr and others developed quantum theories to explain various anomalous experimental results, by introducing discrete energy levels. Mulai tahun 1900, Max Planck , Albert Einstein , Niels Bohr dan lain-lain mengembangkan teori kuantum untuk menjelaskan berbagai hasil eksperimen anomali, dengan memperkenalkan tingkat energi diskrit. Not only did quantum mechanics show that the laws of motion did not hold on small scales, but even more disturbingly, the theory of general relativity , proposed by Einstein in 1915, showed that the fixed background of spacetime , on which both Newtonian mechanics and special relativity depended, could not exist. Tidak hanya mekanika kuantum menunjukkan bahwa hukum gerakan tidak berpegang pada skala kecil, tetapi bahkan lebih mengkhawatirkan, teori relativitas umum , yang diajukan oleh Einstein pada tahun 1915, menunjukkan bahwa latar belakang tetap ruang-waktu , di mana kedua mekanik Newton dan khusus relativitas tergantung, tidak ada. In 1925, Werner Heisenberg and Erwin Schrödinger formulated quantum mechanics , which explained the preceding quantum theories. Pada tahun 1925, Werner Heisenberg dan Erwin Schrödinger dirumuskan mekanika kuantum , yang menjelaskan teori kuantum sebelumnya. The observation by Edwin Hubble in 1929 that the speed at which galaxies recede positively correlates with their distance, led to the understanding that the universe is expanding, and the formulation of the Big Bang theory by Georges Lemaître . Pengamatan oleh Edwin Hubble pada tahun 1929 bahwa kecepatan di mana galaksi surut positif berkorelasi dengan jarak mereka, menyebabkan pemahaman bahwa alam semesta berkembang, dan perumusan Big Bang teori dengan Georges Lemaitre .
Atomic bomb ushered in " Big Science " in physics . Bom atom diantar dalam " Sains Besar "dalam fisika .
Further developments took place during World War II, which led to the practical application of radar and the development and use of the atomic bomb . Perkembangan selanjutnya terjadi selama Perang Dunia II, yang menyebabkan aplikasi praktis dari radar dan pengembangan dan penggunaan bom atom . Though the process had begun with the invention of the cyclotron by Ernest O. Lawrence in the 1930s, physics in the postwar period entered into a phase of what historians have called " Big Science ", requiring massive machines, budgets, and laboratories in order to test their theories and move into new frontiers. Meskipun proses tersebut telah dimulai dengan penemuan siklotron oleh Ernest O. Lawrence pada tahun 1930, fisika dalam periode pasca perang memasuki fase dari apa sejarawan disebut " Ilmu Big ", membutuhkan mesin besar, anggaran, dan laboratorium untuk menguji teori mereka dan pindah ke wilayah baru. The primary patron of physics became state governments, who recognized that the support of "basic" research could often lead to technologies useful to both military and industrial applications. Pelindung utama dari fisika menjadi pemerintah negara bagian, yang mengakui bahwa dukungan penelitian "dasar" sering bisa mengarah pada teknologi yang berguna untuk kedua aplikasi militer dan industri. Currently, general relativity and quantum mechanics are inconsistent with each other, and efforts are underway to unify the two. Saat ini, relativitas umum dan mekanika kuantum yang konsisten satu sama lain, dan upaya sedang dilakukan untuk menyatukan dua.

Chemistry Kimia

Main article: History of chemistry Artikel utama: Sejarah kimia
The history of modern chemistry can be taken to begin with the distinction of chemistry from alchemy by Robert Boyle in his work The Sceptical Chymist , in 1661 (although the alchemical tradition continued for some time after this) and the gravimetric experimental practices of medical chemists like William Cullen , Joseph Black , Torbern Bergman and Pierre Macquer . Sejarah kimia modern dapat diambil untuk memulai dengan perbedaan kimia dari alkimia oleh Robert Boyle dalam karyanya The Chymist skeptis, tahun 1661 (meskipun tradisi alkimia terus untuk beberapa waktu setelah ini) dan praktek gravimetri kimiawan eksperimental medis seperti William Cullen , Joseph Black , Torbern Bergman dan Pierre Macquer . Another important step was made by Antoine Lavoisier ( Father of Modern Chemistry ) through his recognition of oxygen and the law of conservation of mass , which refuted phlogiston theory . Langkah penting lainnya dibuat oleh Antoine Lavoisier ( Bapak Kimia modern ) melalui pengakuan tentang oksigen dan hukum kekekalan massa , yang membantah teori phlogiston . The theory that all matter is made of atoms, which are the smallest constituents of matter that cannot be broken down without losing the basic chemical and physical properties of that matter, was provided by John Dalton in 1803, although the question took a hundred years to settle as proven. Teori bahwa semua materi terbuat dari atom, yang merupakan konstituen terkecil dari materi yang tidak dapat dipecah tanpa kehilangan kimia dasar dan sifat fisik dari materi yang, diberikan oleh John Dalton pada tahun 1803, meskipun pertanyaan itu mengambil seratus tahun untuk menetap sebagai terbukti. Dalton also formulated the law of mass relationships. Dalton juga merumuskan hukum hubungan massa. In 1869, Dmitri Mendeleev composed his periodic table of elements on the basis of Dalton's discoveries. Pada tahun 1869, Dmitri Mendeleev nya terdiri tabel periodik unsur berdasarkan penemuan Dalton.
The synthesis of urea by Friedrich Wöhler opened a new research field, organic chemistry , and by the end of the 19th century, scientists were able to synthesize hundreds of organic compounds. Sintesis urea oleh Friedrich Wöhler membuka bidang penelitian baru, kimia organik , dan pada akhir abad ke-19, para ilmuwan mampu mensintesis ratusan senyawa organik. The later part of the 19th century saw the exploitation of the Earth's petrochemicals, after the exhaustion of the oil supply from whaling . Bagian akhir dari abad ke-19 melihat eksploitasi petrokimia bumi, setelah kehabisan pasokan minyak dari ikan paus . By the 20th century, systematic production of refined materials provided a ready supply of products which provided not only energy, but also synthetic materials for clothing, medicine, and everyday disposable resources. Pada abad ke-20, produksi bahan olahan sistematis memberikan pasokan siap produk yang disediakan tidak hanya energi, tetapi juga bahan sintetis untuk pakaian, obat-obatan, dan sumber daya sekali pakai sehari-hari. Application of the techniques of organic chemistry to living organisms resulted in physiological chemistry , the precursor to biochemistry . Penerapan teknik kimia organik untuk organisme hidup menghasilkan kimia fisiologis , para pendahulu untuk biokimia . The 20th century also saw the integration of physics and chemistry, with chemical properties explained as the result of the electronic structure of the atom. Linus Pauling 's book on The Nature of the Chemical Bond used the principles of quantum mechanics to deduce bond angles in ever-more complicated molecules. Abad ke-20 juga melihat integrasi fisika dan kimia, dengan sifat kimia dijelaskan sebagai akibat dari struktur elektronik dari atom. Linus Pauling 's buku tentang Sifat Kimia Obligasi menggunakan prinsip-prinsip mekanika kuantum untuk menyimpulkan sudut ikatan dalam pernah-lebih rumit molekul. Pauling's work culminated in the physical modelling of DNA , the secret of life (in the words of Francis Crick , 1953). Pauling bekerja memuncak dalam pemodelan fisik DNA , rahasia kehidupan (dalam kata-kata Francis Crick , 1953). In the same year, the Miller-Urey experiment demonstrated in a simulation of primordial processes, that basic constituents of proteins, simple amino acids , could themselves be built up from simpler molecules. Pada tahun yang sama, percobaan Miller-Urey ditunjukkan dalam simulasi proses primordial, bahwa konstituen dasar dari protein, sederhana asam amino , bisa sendiri dibangun dari molekul sederhana.

Geology Geologi

Main article: History of geology Artikel utama: Sejarah geologi
Reconstruction of Zhang Heng 's water-driven seismometer , China, 132 Rekonstruksi Zhang Heng 's air didorong seismometer , Cina, 132
Geology existed as a cloud of isolated, disconnected ideas about rocks, minerals, and landforms long before it became a coherent science. Theophrastus ' work on rocks Peri lithōn remained authoritative for millennia: its interpretation of fossils was not overturned until after the Scientific Revolution. Geologi ada sebagai awan terisolasi, ide terputus tentang batuan, mineral, dan bentang alam jauh sebelum itu menjadi ilmu yang koheren. Theophrastus bekerja 'di bebatuan Peri lithōn tetap otoritatif selama ribuan tahun: penafsiran fosil itu tidak dibatalkan sampai setelah Revolusi Ilmiah. Chinese polymath Shen Kua (1031–1095) was the first to formulate hypotheses for the process of land formation. Cina polymath Shen Kua (1031-1095) adalah yang pertama untuk merumuskan hipotesis untuk proses pembentukan tanah. Based on his observation of fossils in a geological stratum in a mountain hundreds of miles from the ocean, he deduced that the land was formed by erosion of the mountains and by deposition of silt. Berdasarkan pengamatan fosil dalam geologi lapisan dalam ratusan gunung mil dari laut, ia menyimpulkan bahwa tanah dibentuk oleh erosi pegunungan dan oleh deposisi dari lumpur.
Plate tectonics - seafloor spreading and continental drift illustrated on relief globe Lempeng tektonik - menyebarkan dasar laut dan pergeseran benua diilustrasikan di dunia bantuan
Geology was not systematically restructured during the Scientific Revolution , but individual theorists made important contributions. Robert Hooke , for example, formulated theory of earthquakes, and Nicholas Steno developed the theory of superposition and argued that fossils were the remains of once-living creatures. Geologi tidak sistematis direstrukturisasi selama Revolusi Ilmiah , tapi teori individu yang dibuat kontribusi penting. Robert Hooke , misalnya, dirumuskan teori gempa bumi, dan Nicholas Steno mengembangkan teori superposisi dan berpendapat bahwa fosil adalah sisa-sisa makhluk yang pernah hidup. Beginning with Thomas Burnet 's Sacred Theory of the Earth in 1681, natural philosophers began to explore the idea that the Earth had changed over time. Dimulai dengan Thomas Burnet Teori 's Kudus Bumi pada 1681, filsuf alami mulai mengeksplorasi gagasan bahwa bumi telah berubah dari waktu ke waktu. Burnet and his contemporaries interpreted Earth's past in terms of events described in the Bible, but their work laid the intellectual foundations for secular interpretations of Earth history. Burnet dan zamannya menafsirkan masa lalu Bumi dalam hal peristiwa yang dijelaskan dalam Alkitab, namun pekerjaan mereka meletakkan dasar-dasar intelektual untuk interpretasi sekuler sejarah Bumi.
Modern geology, like modern chemistry, gradually evolved during the 18th and early 19th centuries. Benoît de Maillet and the Comte de Buffon argued that Earth was much older than the 6,000 years envisioned by biblical scholars. Jean-Étienne Guettard and Nicolas Desmarest hiked central France and recorded their observations on some of the first geological maps. Abraham Werner created a systematic classification scheme for rocks and minerals—an achievement as significant for geology as that of Linnaeus was for biology. Geologi modern, seperti kimia modern, secara bertahap berkembang selama abad ke-19 ke-18 dan awal. Benoît de Maillet dan Comte de Buffon berpendapat bahwa bumi jauh lebih tua dari 6.000 tahun yang dibayangkan oleh para sarjana Alkitab. Jean-Étienne Guettard dan Nicolas Desmarest mendaki pusat Perancis dan mencatat pengamatan mereka pada beberapa peta geologi pertama. Abraham Werner menciptakan skema klasifikasi sistematis untuk batuan dan mineral-prestasi sebagai yang signifikan untuk geologi seperti yang Linnaeus adalah untuk biologi. Werner also proposed a generalized interpretation of Earth history, as did contemporary Scottish polymath James Hutton . Georges Cuvier and Alexandre Brongniart , expanding on the work of Steno , argued that layers of rock could be dated by the fossils they contained: a principle first applied to the geology of the Paris Basin. Werner juga mengusulkan penafsiran umum dari sejarah bumi, seperti yang dilakukan kontemporer polymath Skotlandia James Hutton . Georges Cuvier dan Alexandre Brongniart , memperluas karya Steno , berpendapat bahwa lapisan batuan bisa tanggal oleh fosil yang terkandung: prinsip pertama diterapkan pada geologi dari Basin Paris. The use of index fossils became a powerful tool for making geological maps, because it allowed geologists to correlate the rocks in one locality with those of similar age in other, distant localities. Penggunaan fosil indeks menjadi alat yang ampuh untuk membuat peta geologi, karena memungkinkan ahli geologi untuk mengkorelasikan batu dalam satu lokasi dengan orang-orang dari usia yang sama di lain, tempat-tempat jauh. Over the first half of the 19th century, geologists such as Charles Lyell , Adam Sedgwick , and Roderick Murchison applied the new technique to rocks throughout Europe and eastern North America, setting the stage for more detailed, government-funded mapping projects in later decades. Selama paruh pertama abad ke-19, ahli geologi seperti Charles Lyell , Adam Sedgwick , dan Roderick Murchison menerapkan teknik baru untuk batu di seluruh Eropa dan bagian timur Amerika Utara, setting panggung untuk lebih rinci, proyek yang didanai pemerintah pemetaan di dekade kemudian.
Midway through the 19th century, the focus of geology shifted from description and classification to attempts to understand how the surface of the Earth changed. Midway melalui abad ke-19, fokus geologi bergeser dari deskripsi dan klasifikasi untuk mencoba memahami bagaimana permukaan bumi berubah. The first comprehensive theories of mountain building were proposed during this period, as were the first modern theories of earthquakes and volcanoes. Louis Agassiz and others established the reality of continent-covering ice ages , and "fluvialists" like Andrew Crombie Ramsay argued that river valleys were formed, over millions of years by the rivers that flow through them. Teori-teori komprehensif pertama bangunan gunung yang diajukan selama periode ini, seperti juga teori modern pertama gempa bumi dan gunung berapi. Louis Agassiz dan lain-lain mendirikan realitas benua-meliputi zaman es , dan "fluvialists" seperti Andrew Crombie Ramsay berpendapat bahwa sungai lembah-lembah dibentuk, selama jutaan tahun oleh sungai-sungai yang mengalir melalui mereka. After the discovery of radioactivity , radiometric dating methods were developed, starting in the 20th century. Alfred Wegener 's theory of "continental drift" was widely dismissed when it was proposed in the 1910s, but new data gathered in the 1950s and 1960s led to the theory of plate tectonics , which provided a plausible mechanism for it. Plate tectonics also provided a unified explanation for a wide range of seemingly unrelated geological phenomena. Setelah penemuan radioaktivitas , penanggalan radiometrik metode dikembangkan, dimulai pada abad ke-20. Alfred Wegener 's teori "continental drift" diberhentikan secara luas ketika itu diusulkan pada 1910-an, namun data baru dikumpulkan pada tahun 1950 dan 1960 menyebabkan teori lempeng tektonik , yang menyediakan mekanisme yang masuk akal untuk itu. Lempeng tektonik juga memberikan penjelasan terpadu untuk berbagai fenomena geologi yang tampaknya tidak berhubungan. Since 1970 it has been the unifying principle in geology. Sejak tahun 1970 itu telah menjadi prinsip pemersatu dalam geologi.
Geologists' embrace of plate tectonics was part of a broadening of the field from a study of rocks into a study of the Earth as a planet. Merangkul ahli geologi 'dari lempeng tektonik merupakan bagian dari perluasan lapangan dari studi batuan menjadi studi tentang Bumi sebagai planet. Other elements of this transformation include: geophysical studies of the interior of the Earth, the grouping of geology with meteorology and oceanography as one of the "earth sciences", and comparisons of Earth and the solar system's other rocky planets. Unsur-unsur lain dari transformasi ini meliputi: studi geofisika dari interior bumi, pengelompokan geologi dengan meteorologi dan oseanografi sebagai salah satu "ilmu bumi", dan perbandingan Bumi dan planet-planet lain di tata surya berbatu.

Astronomy Astronomi

Main article: History of astronomy Artikel utama: Sejarah astronomi
Aristarchus of Samos published work on how to determine the sizes and distances of the Sun and the Moon, and Eratosthenes used this work to figure the size of the Earth. Hipparchus later discovered the precession of the Earth. Aristarchus dari Samos diterbitkan bekerja tentang cara untuk menentukan ukuran dan jarak Matahari dan Bulan, dan Eratosthenes digunakan pekerjaan ini untuk mengetahui ukuran Bumi. Hipparchus kemudian menemukan presesi Bumi.
Advances in astronomy and in optical systems in the 19th century resulted in the first observation of an asteroid ( 1 Ceres ) in 1801, and the discovery of Neptune in 1846. Kemajuan dalam astronomi dan dalam sistem optik di abad ke-19 mengakibatkan pengamatan pertama dari sebuah asteroid ( 1 Ceres ) pada tahun 1801, dan penemuan Neptunus pada tahun 1846.
George Gamow , Ralph Alpher , and Robert Hermann had calculated that there should be evidence for a Big Bang in the background temperature of the universe. [ 98 ] In 1964, Arno Penzias and Robert Wilson [ 99 ] discovered a 3° Kelvin background hiss in their Bell Labs radiotelescope , which was evidence for this hypothesis, and formed the basis for a number of results that helped determine the age of the universe . George Gamow , Ralph Alpher , dan Robert Herman telah menghitung bahwa harus ada bukti untuk Big Bang pada suhu latar belakang alam semesta. [98] Pada tahun 1964, Arno Penzias dan Robert Wilson [99] menemukan 3 ° Kelvin desis latar belakang dalam mereka Bell Labs radiotelescope , yang bukti untuk hipotesis ini, dan membentuk dasar untuk sejumlah hasil yang membantu menentukan umur alam semesta .
Supernova SN1987A was observed by astronomers on Earth both visually, and in a triumph for neutrino astronomy , by the solar neutrino detectors at Kamiokande . Supernova SN1987A diamati oleh para astronom di Bumi baik secara visual, dan dalam kemenangan astronomi neutrino , oleh detektor neutrino surya di Kamiokande . But the solar neutrino flux was a fraction of its theoretically expected value . Tapi fluks neutrino matahari adalah sebagian kecil dari nilai teoritis yang diharapkan . This discrepancy forced a change in some values in the standard model for particle physics . Perbedaan ini memaksa perubahan pada beberapa nilai dalam model standar untuk fisika partikel .

Biology, medicine, and genetics Biologi, kedokteran, dan genetika

Semi-conservative DNA replication Semi-konservatif replikasi DNA
In 1847, Hungarian physician Ignác Fülöp Semmelweis dramatically reduced the occurrency of puerperal fever by simply requiring physicians to wash their hands before attending to women in childbirth. Pada 1847, Hungaria dokter Ignac Fulop Semmelweis secara dramatis mengurangi occurrency dari demam nifas dengan hanya memerlukan dokter untuk mencuci tangan mereka sebelum menghadiri untuk perempuan dalam proses melahirkan. This discovery predated the germ theory of disease . Penemuan ini mendahului teori kuman penyakit . However, Semmelweis' findings were not appreciated by his contemporaries and came into use only with discoveries by British surgeon Joseph Lister , who in 1865 proved the principles of antisepsis . Namun, temuan Semmelweis 'tidak dihargai oleh orang sezamannya dan datang ke dalam penggunaan hanya dengan penemuan-penemuan oleh British ahli bedah Joseph Lister , yang pada tahun 1865 membuktikan prinsip-prinsip antisepsis . Lister's work was based on the important findings by French biologist Louis Pasteur . Pekerjaan Lister didasarkan pada temuan penting oleh ahli biologi Perancis Louis Pasteur . Pasteur was able to link microorganisms with disease, revolutionizing medicine. Pasteur mampu menghubungkan mikroorganisme dengan penyakit, merevolusi kedokteran. He also devised one of the most important methods in preventive medicine , when in 1880 he produced a vaccine against rabies . Dia juga merancang salah satu metode yang paling penting dalam kedokteran pencegahan , ketika pada tahun 1880 ia menghasilkan vaksin terhadap rabies . Pasteur invented the process of pasteurization , to help prevent the spread of disease through milk and other foods. [ 100 ] Pasteur menemukan proses pasteurisasi , untuk membantu mencegah penyebaran penyakit melalui susu dan makanan lainnya. [100]
Perhaps the most prominent, controversial and far-reaching theory in all of science has been the theory of evolution by natural selection put forward by the British naturalist Charles Darwin in his book On the Origin of Species in 1859. Mungkin teori yang paling menonjol, kontroversial dan jauh jangkauannya dalam semua ilmu pengetahuan telah menjadi teori evolusi oleh seleksi alam yang dikemukakan oleh naturalis Inggris Charles Darwin dalam bukunya On the Origin of Species pada tahun 1859. Darwin proposed that the features of all living things, including humans, were shaped by natural processes over long periods of time. Darwin mengemukakan bahwa fitur semua makhluk hidup, termasuk manusia, dibentuk oleh proses alam selama jangka waktu yang lama. Implications of evolution on fields outside of pure science have led to both opposition and support from different parts of society, and profoundly influenced the popular understanding of "man's place in the universe". Implikasi evolusi pada bidang di luar sains murni telah menyebabkan kedua oposisi dan dukungan dari bagian masyarakat yang berbeda, dan sangat mempengaruhi pemahaman populer dari "tempat manusia dalam alam semesta". However, Darwinian evolutionary models do not directly impact the study of genetics. Namun, model evolusi Darwin tidak berdampak langsung terhadap studi genetika. In the early 20th century, the study of heredity became a major investigation after the rediscovery in 1900 of the laws of inheritance developed by the Moravian [ 101 ] monk Gregor Mendel in 1866. Pada awal abad 20, studi tentang keturunan menjadi penyelidikan utama setelah penemuan kembali tahun 1900 undang-undang warisan yang dikembangkan oleh Moravia [101] biarawan Gregor Mendel pada tahun 1866. Mendel's laws provided the beginnings of the study of genetics , which became a major field of research for both scientific and industrial research. Hukum Mendel memberikan awal studi genetika , yang menjadi bidang utama penelitian untuk penelitian ilmiah dan industri. By 1953, James D. Watson , Francis Crick and Maurice Wilkins clarified the basic structure of DNA, the genetic material for expressing life in all its forms. [ 102 ] In the late 20th century, the possibilities of genetic engineering became practical for the first time, and a massive international effort began in 1990 to map out an entire human genome (the Human Genome Project ). Dengan 1953, James D. Watson , Francis Crick dan Maurice Wilkins menjelaskan struktur dasar DNA, bahan genetik untuk mengekspresikan kehidupan dalam segala bentuk. [102] Pada akhir abad 20, kemungkinan rekayasa genetika menjadi praktis untuk pertama kalinya waktu, dan upaya internasional besar-besaran dimulai pada tahun 1990 untuk memetakan seluruh manusia genom (dengan Proyek Genom Manusia ).

Ecology Ekologi

Main article: History of ecology Artikel utama: Sejarah ekologi
Earthrise over the Moon , Apollo 8 , NASA . Earthrise atas Bulan , Apollo 8 , NASA . This image helped create awareness of the finiteness of Earth, and the limits of its natural resources . Gambar ini membantu menciptakan kesadaran tentang keterbatasan Bumi, dan keterbatasan dalam sumber daya alam .
The discipline of ecology typically traces its origin to the synthesis of Darwinian evolution and Humboldtian biogeography , in the late 19th and early 20th centuries. Disiplin ekologi biasanya jejak asal-usulnya untuk sintesis evolusi Darwin dan Humboldtian biogeografi , di akhir abad ke-20 ke-19 dan awal. Equally important in the rise of ecology, however, were microbiology and soil science —particularly the cycle of life concept, prominent in the work Louis Pasteur and Ferdinand Cohn . Sama penting dalam munculnya ekologi, bagaimanapun, mikrobiologi dan ilmu tanah -khususnya siklus kehidupan konsep, terkemuka dalam karya Louis Pasteur dan Ferdinand Cohn . The word ecology was coined by Ernst Haeckel , whose particularly holistic view of nature in general (and Darwin's theory in particular) was important in the spread of ecological thinking. Kata ekologi diciptakan oleh Ernst Haeckel , yang terutama pandangan holistik tentang alam secara umum (dan teori Darwin khususnya) sangat penting dalam penyebaran pemikiran ekologis. In the 1930s, Arthur Tansley and others began developing the field of ecosystem ecology , which combined experimental soil science with physiological concepts of energy and the techniques of field biology . Pada 1930, Arthur Tansley dan lain-lain mulai mengembangkan bidang ekologi ekosistem , yang dikombinasikan ilmu tanah eksperimental dengan konsep fisiologis energi dan teknik-teknik biologi lapangan . The history of ecology in the 20th century is closely tied to that of environmentalism ; the Gaia hypothesis , first formulated in the 1960s, and spreading in the 1970s, and more recently the scientific-religious movement of Deep Ecology have brought the two closer together. Sejarah ekologi di abad ke-20 terkait erat dengan yang environmentalisme , sedangkan hipotesis Gaia , pertama kali dirumuskan pada tahun 1960, dan menyebarkan pada 1970-an, dan baru-baru gerakan ilmiah-agama dari Ekologi Jauh telah membawa dua lebih dekat bersama-sama.

Social sciences Ilmu sosial

Successful use of the scientific method in the physical sciences led to the same methodology being adapted to better understand the many fields of human endeavor. Keberhasilan penggunaan metode ilmiah dalam ilmu fisika menyebabkan metodologi yang sama yang diadaptasi untuk lebih memahami banyak bidang usaha manusia. From this effort the social sciences have been developed. Dari upaya ini ilmu-ilmu sosial telah dikembangkan.

Political science in Ancient India Ilmu politik di India Kuno

The most studied literature on political science from Ancient India is an ancient Indian treatise on statecraft , economic policy and military strategy which identifies its author by the names Kautilya [ 103 ] and Viṣhṇugupta , [ 104 ] who are traditionally identified with Chāṇakya (c. 350–-283 BCE). Literatur yang paling banyak dipelajari pada ilmu politik dari India Kuno adalah India kuno risalah pada tata negara , ekonomi kebijakan dan strategi militer yang mengidentifikasi penulisnya dengan nama Kautilya [103] dan Vishnugupta, [104] yang secara tradisional diidentifikasi dengan Chanakya (c. 350 - 283 SM). In this treatise, the behaviors and relationships of the people, the King, the State, the Government Superintendents, Courtiers, Enemies, Invaders, and Corporations are analysed and documented. Dalam risalah ini, perilaku dan hubungan dari orang-orang, Raja, Negara, Pemerintah perwira, istana, Musuh, Invaders, dan Korporasi dianalisis dan didokumentasikan. Roger Boesche describes the Arthaśāstra as "a book of political realism, a book analysing how the political world does work and not very often stating how it ought to work, a book that frequently discloses to a king what calculating and sometimes brutal measures he must carry out to preserve the state and the common good." [ 105 ] Roger Boesche menggambarkan Arthasastra sebagai "sebuah buku realisme politik, buku menganalisis bagaimana dunia politik tidak bekerja dan tidak terlalu sering menyatakan bagaimana seharusnya bekerja, sebuah buku yang sering mengungkapkan kepada seorang raja apa yang menghitung dan kadang-kadang tindakan brutal harus membawa keluar untuk mempertahankan negara dan kepentingan umum ". [105]

Political science in the Western and Islamic Cultures Ilmu politik dalam Budaya Barat dan Islam

While, in the Western Culture , the study of politics is first found in Ancient Greece , political science is a late arrival in terms of social sciences [ citation needed ] . Sementara, dalam Budaya Barat , studi politik pertama kali ditemukan di Yunani Kuno , ilmu politik adalah keterlambatan dalam hal ilmu-ilmu sosial [ rujukan? ]. However, the discipline has a clear set of antecedents such as moral philosophy , political philosophy , political economy , history, and other fields concerned with normative determinations of what ought to be and with deducing the characteristics and functions of the ideal form of government . Namun, disiplin memiliki seperangkat jelas anteseden seperti filsafat moral , filsafat politik , ekonomi politik , sejarah, dan bidang lain yang terkait dengan normatif penentuan apa yang seharusnya dan dengan menyimpulkan karakteristik dan fungsi dari bentuk ideal pemerintahan . In each historic period and in almost every geographic area, we can find someone studying politics and increasing political understanding. Dalam setiap periode sejarah dan di hampir setiap wilayah geografis, kita dapat menemukan seseorang mempelajari politik dan meningkatkan pemahaman politik.
Although the roots of politics may be in Prehistory , the antecedents of European politics trace their roots back even earlier than Plato and Aristotle , particularly in the works of Homer , Hesiod , Thucydides , Xenophon , and Euripides . Meskipun akar politik mungkin dalam Prasejarah , pendahulunya politik Eropa melacak akar mereka kembali lebih awal dari Plato dan Aristoteles , khususnya dalam karya-karya Homer , Hesiod , Thucydides , Xenophon , dan Euripides . Later, Plato analyzed political systems, abstracted their analysis from more literary - and history- oriented studies and applied an approach we would understand as closer to philosophy . Kemudian, Plato dianalisis sistem politik, disarikan analisis mereka dari lebih sastra - dan sejarah studi yang berorientasi dan diterapkan pendekatan kita akan mengerti sebagai lebih dekat dengan filsafat . Similarly, Aristotle built upon Plato's analysis to include historical empirical evidence in his analysis. Demikian pula, Aristoteles dibangun di atas analisis Plato untuk menyertakan bukti-bukti empiris historis dalam analisisnya.
During the rule of Rome , famous historians such as Polybius , Livy and Plutarch documented the rise of the Roman Republic , and the organization and histories of other nations, while statesmen like Julius Caesar , Cicero and others provided us with examples of the politics of the republic and Rome's empire and wars. Selama pemerintahan Roma , sejarawan terkenal seperti Polybius , Livy dan Plutarch mendokumentasikan munculnya Romawi Republik , dan organisasi dan sejarah bangsa-bangsa lain, sementara negarawan seperti Julius Caesar , Cicero dan lain-lain memberikan kita dengan contoh-contoh politik dari republik dan kekaisaran Roma dan perang. The study of politics during this age was oriented toward understanding history, understanding methods of governing, and describing the operation of governments. Studi politik selama usia ini adalah berorientasi pada pemahaman sejarah, memahami metode pemerintahan, dan menjelaskan operasi pemerintah.
With the fall of the Roman Empire , there arose a more diffuse arena for political studies. Dengan jatuhnya Kekaisaran Romawi , timbullah arena yang lebih difus untuk studi politik. The rise of monotheism and, particularly for the Western tradition, Christianity , brought to light a new space for politics and political action [ citation needed ] . Munculnya monoteisme dan, khususnya bagi tradisi Barat, Kristen , dibawa ke cahaya ruang baru untuk politik dan tindakan politik [ rujukan? ]. During the Middle Ages , the study of politics was widespread in the churches and courts. Selama Abad Pertengahan , studi politik tersebar luas di gereja-gereja dan pengadilan. Works such as Augustine of Hippo 's The City of God synthesized current philosophies and political traditions with those of Christianity , redefining the borders between what was religious and what was political. Karya seperti Agustinus dari Hippo 's The City of God disintesis filsafat dan tradisi politik saat ini dengan orang-orang Kristen , mendefinisikan ulang batas antara apa yang agama dan apa yang politik. Most of the political questions surrounding the relationship between Church and State were clarified and contested in this period. Sebagian besar pertanyaan seputar politik hubungan antara Gereja dan Negara diklarifikasi dan diperebutkan dalam periode ini.
In the Middle East and later other Islamic areas, works such as the Rubaiyat of Omar Khayyam and Epic of Kings by Ferdowsi provided evidence of political analysis, while the Islamic aristotelians such as Avicenna and later Maimonides and Averroes , continued Aristotle 's tradition of analysis and empiricism , writing commentaries on Aristotle's works. Di Timur Tengah lainnya dan kemudian Islam daerah, bekerja seperti Rubaiyat Omar Khayyam dan Epic Raja-raja oleh Firdausi bukti yang diberikan analisis politik, sedangkan Islam Aristoteles seperti Ibnu Sina dan kemudian Maimonides dan Averroes , terus Aristoteles tradisi 's analisis dan empirisisme , menulis komentar tentang karya-karya Aristoteles.
During the Italian Renaissance , Niccolò Machiavelli established the emphasis of modern political science on direct empirical observation of political institutions and actors. Selama Renaisans Italia , Niccolò Machiavelli mendirikan penekanan ilmu politik modern pada langsung empiris pengamatan politik lembaga-lembaga dan aktor. Later, the expansion of the scientific paradigm during the Enlightenment further pushed the study of politics beyond normative determinations [ citation needed ] . Kemudian, perluasan paradigma ilmiah selama Pencerahan lebih lanjut mendorong studi politik luar penentuan normatif [ rujukan? ]. In particular, the study of statistics , to study the subjects of the state , has been applied to polling and voting . Secara khusus, studi tentang statistik , untuk mempelajari subyek dari negara , telah diterapkan untuk pemungutan suara dan suara .

Modern Political Science Modern Ilmu Politik

Main article: Political science Artikel utama: Ilmu politik
In the 20th century, the study of ideology, behaviouralism and international relations led to a multitude of 'pol-sci' subdisciplines including rational choice theory , voting theory , game theory (also used in economics), psephology , political geography / geopolitics , political psychology / political sociology , political economy , policy analysis , public administration , comparative political analysis and peace studies /conflict analysis. Pada abad ke-20, studi tentang hubungan ideologi, behaviouralism dan internasional menyebabkan banyak subdisiplin 'pol-sci' termasuk teori pilihan rasional , teori suara , teori permainan (juga digunakan dalam ekonomi), psephology , geografi politik / geopolitik , politik psikologi / sosiologi politik , ekonomi politik , analisis kebijakan , administrasi publik , analisis politik komparatif dan studi perdamaian / analisis konflik.
At the beginning of the 21st century, political scientists have increasingly deployed deductive modelling and systematic empirical verification techniques ( quantitative methods ) bringing their discipline closer to the scientific mainstream [ citation needed ] . Pada awal abad ke-21, para ilmuwan politik telah semakin digunakan pemodelan deduktif dan teknik verifikasi sistematis empiris ( metode kuantitatif ) membawa disiplin ilmu mereka lebih dekat ke mainstream ilmiah [ rujukan? ].

Linguistics Ilmu bahasa

Main article: History of linguistics Artikel utama: Sejarah linguistik
Historical linguistics emerged as an independent field of study at the end of the 18th century. Sir William Jones proposed that Sanskrit , Persian , Greek , Latin , Gothic , and Celtic languages all shared a common base. Linguistik historis muncul sebagai bidang studi independen pada akhir abad ke-18. Sir William Jones mengusulkan bahwa bahasa Sansekerta , Persia , Yunani , Latin , Gothic , dan bahasa Celtic semua berbagi dasar umum. After Jones, an effort to catalog all languages of the world was made throughout the 19th century and into the 20th century. Setelah Jones, upaya untuk katalog semua bahasa di dunia itu dibuat sepanjang abad 19 dan abad ke-20. Publication of Ferdinand de Saussure 's Cours de linguistique générale created the development of descriptive linguistics . Publikasi Ferdinand de Saussure 's Cours de linguistique générale menciptakan perkembangan linguistik deskriptif . Descriptive linguistics, and the related structuralism movement caused linguistics to focus on how language changes over time, instead of just describing the differences between languages. Noam Chomsky further diversified linguistics with the development of generative linguistics in the 1950s. Linguistik deskriptif, dan terkait strukturalisme linguistik disebabkan gerakan untuk fokus pada perubahan bahasa dari waktu ke waktu bagaimana, bukan hanya menggambarkan perbedaan antara bahasa. Noam Chomsky linguistik diversifikasi lebih lanjut dengan perkembangan linguistik generatif pada tahun 1950. His effort is based upon a mathematical model of language that allows for the description and prediction of valid syntax . Usahanya didasarkan pada model matematika dari bahasa yang memungkinkan untuk deskripsi dan prediksi yang valid sintaks . Additional specialties such as sociolinguistics , cognitive linguistics , and computational linguistics have emerged from collaboration between linguistics and other disciplines. Spesialisasi tambahan seperti sosiolinguistik , linguistik kognitif , dan linguistik komputasi telah muncul dari kolaborasi antara linguistik dan disiplin lainnya.

Economics Ekonomi

Main article: History of economics Artikel utama: Sejarah ekonomi
The supply and demand model Para penawaran dan permintaan model yang
The basis for classical economics forms Adam Smith 's An Inquiry into the Nature and Causes of the Wealth of Nations , published in 1776. Dasar untuk ekonomi klasik bentuk Adam Smith 's Sebuah Kirim ke Alam dan Penyebab dari Wealth of Nations , yang diterbitkan pada tahun 1776. Smith criticized mercantilism , advocating a system of free trade with division of labour . Smith mengkritik merkantilisme , menganjurkan suatu sistem perdagangan bebas dengan pembagian kerja . He postulated an " Invisible Hand " that regulated economic systems made up of actors guided only by self-interest. Karl Marx developed an alternative economic theory, called Marxian economics . Beliau menduga sebuah " Tangan Tak Terlihat "bahwa sistem ekonomi diatur terdiri dari aktor dipandu hanya oleh kepentingan diri sendiri. Karl Marx mengembangkan teori ekonomi alternatif, yang dinamakan ekonomi Marxis . Marxian economics is based on the labor theory of value and assumes the value of good to be based on the amount of labor required to produce it. Ekonomi Marxis didasarkan pada teori nilai kerja dan mengasumsikan nilai yang baik harus didasarkan pada jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan untuk memproduksinya. Under this assumption, capitalism was based on employers not paying the full value of workers labor to create profit. Berdasarkan asumsi ini, kapitalisme didasarkan pada majikan tidak membayar nilai penuh kerja pekerja untuk menciptakan keuntungan. The Austrian school responded to Marxian economics by viewing entrepreneurship as driving force of economic development. Para sekolah Austria menanggapi ekonomi Marxis dengan melihat kewirausahaan sebagai kekuatan pendorong pembangunan ekonomi. This replaced the labor theory of value by a system of supply and demand . Ini menggantikan teori nilai kerja dengan sistem penawaran dan permintaan .
In the 1920s, John Maynard Keynes prompted a division between microeconomics and macroeconomics . Pada tahun 1920, John Maynard Keynes mendorong pembagian antara mikroekonomi dan makroekonomi . Under Keynesian economics macroeconomic trends can overwhelm economic choices made by individuals. Dalam ekonomi Keynesian tren makro ekonomi dapat mengalahkan pilihan ekonomi yang dibuat oleh individu. Governments should promote aggregate demand for goods as a means to encourage economic expansion. Pemerintah harus mempromosikan permintaan agregat untuk barang-barang sebagai sarana untuk mendorong ekspansi ekonomi. Following World War II, Milton Friedman created the concept of monetarism . Setelah Perang Dunia II, Milton Friedman menciptakan konsep moneterisme . Monetarism focuses on using the supply and demand of money as a method for controlling economic activity. Monetarisme memfokuskan pada penggunaan pasokan dan permintaan uang sebagai metode untuk mengendalikan kegiatan ekonomi. In the 1970s, monetarism has adapted into supply-side economics which advocates reducing taxes as a means to increase the amount of money available for economic expansion. Pada 1970-an, monetarisme telah diadaptasi ke dalam sisi penawaran ekonomi yang menganjurkan pengurangan pajak sebagai alat untuk meningkatkan jumlah uang yang tersedia untuk perluasan ekonomi.
Other modern schools of economic thought are New Classical economics and New Keynesian economics . Sekolah modern lainnya pemikiran ekonomi ekonomi Klasik Baru dan ekonomi Keynesian Baru . New Classical economics was developed in the 1970s, emphasizing solid microeconomics as the basis for macroeconomic growth. Ekonomi klasik baru dikembangkan pada tahun 1970, menekankan ekonomi mikro yang solid sebagai dasar untuk pertumbuhan ekonomi makro. New Keynesian economics was created partially in response to New Classical economics, and deals with how inefficiencies in the market create a need for control by a central bank or government. Ekonomi Keynesian baru diciptakan sebagian sebagai tanggapan terhadap ekonomi Klasik Baru, dan berhubungan dengan bagaimana inefisiensi di pasar menciptakan kebutuhan untuk kontrol oleh sebuah bank sentral atau pemerintah.
The above “history of economics” reflects modern economic textbooks and this means that the last stage of a science is represented as the culmination of its history ( Kuhn , 1962). "Sejarah ekonomi" di atas mencerminkan buku teks ekonomi modern dan ini berarti bahwa tahap terakhir dari ilmu pengetahuan direpresentasikan sebagai puncak dari sejarah ( Kuhn , 1962). The " invisible hand " mentioned in a lost page in the middle of a chapter in the middle of the to “ Wealth of Nations ”, 1776, advances as Smith's central message. The " tangan tak terlihat "yang disebutkan dalam sebuah halaman hilang di tengah sebuah bab di tengah untuk" Wealth of Nation ",, 1776 kemajuan sebagai pesan utama Smith. It is played down that this “invisible hand” acts only “frequently” and that it is “no part of his [the individual's] intentions” because competition leads to lower prices by imitating “his” invention. Hal ini dimainkan bawah bahwa "tangan tak terlihat" hanya bertindak "sering" dan bahwa itu adalah "bukan bagian dari-Nya [individu] niat" karena persaingan mengarah ke harga yang lebih rendah dengan meniru penemuan "nya". That this “invisible hand” prefers “the support of domestic to foreign industry” is cleansed – often without indication that part of the citation is truncated. [ 106 ] The opening passage of the “Wealth” containing Smith's message is never mentioned as it cannot be integrated into modern theory: “Wealth” depends on the division of labour which changes with market volume and on the proportion of productive to unproductive labour . Bahwa "tangan tak terlihat" memilih "dukungan dari dalam negeri ke industri asing" dibersihkan - sering tanpa indikasi bahwa bagian dari kutipan dipotong. [106] Bagian pembukaan "Kekayaan" yang berisi pesan Smith tidak pernah disebutkan sebagai tidak dapat diintegrasikan ke dalam teori modern: "Kekayaan" tergantung pada pembagian kerja yang berubah dengan volume pasar dan pada proporsi produktif untuk tenaga kerja tidak produktif .

Psychology Psikologi

Main article: History of psychology Artikel utama: Sejarah psikologi
The end of the 19th century marks the start of psychology as a scientific enterprise. Akhir abad ke-19 menandai awal dari psikologi sebagai perusahaan ilmiah. The year 1879 is commonly seen as the start of psychology as an independent field of study. Tahun 1879 umumnya dipandang sebagai awal dari psikologi sebagai bidang studi yang independen. In that year Wilhelm Wundt founded the first laboratory dedicated exclusively to psychological research (in Leipzig ). Pada tahun itu Wilhelm Wundt mendirikan laboratorium pertama yang didedikasikan secara eksklusif untuk penelitian psikologis (di Leipzig ). Other important early contributors to the field include Hermann Ebbinghaus (a pioneer in memory studies), Ivan Pavlov (who discovered classical conditioning ), William James , and Sigmund Freud . Lain kontributor awal penting untuk lapangan termasuk Hermann Ebbinghaus (pelopor dalam studi memori), Ivan Pavlov (yang menemukan pengkondisian klasik ), William James , dan Sigmund Freud . Freud's influence has been enormous, though more as cultural icon than a force in scientific psychology. Pengaruh Freud telah sangat besar, meskipun lebih sebagai ikon budaya dari sebuah kekuatan dalam psikologi ilmiah.
The 20th century saw a rejection of Freud's theories as being too unscientific, and a reaction against Edward Titchener 's atomistic approach of the mind. Abad ke-20 melihat penolakan teori-teori Freud sebagai terlalu ilmiah, dan reaksi terhadap Edward Titchener pendekatan 's atomistik pikiran. This led to the formulation of behaviorism by John B. Watson , which was popularized by BF Skinner . Hal ini menyebabkan perumusan behaviorisme oleh John B. Watson , yang dipopulerkan oleh BF Skinner . Behaviorism proposed epistemologically limiting psychological study to overt behavior, since that could be reliably measured. Behaviorisme diusulkan epistemologis studi psikologis untuk membatasi perilaku terbuka, karena yang dapat diukur secara andal. Scientific knowledge of the "mind" was considered too metaphysical, hence impossible to achieve. Pengetahuan ilmiah dari "pikiran" dianggap terlalu metafisik, maka mustahil untuk dicapai.
The final decades of the 20th century have seen the rise of a new interdisciplinary approach to studying human psychology, known collectively as cognitive science . Dekade-dekade akhir dari abad ke-20 telah melihat munculnya pendekatan interdisipliner baru untuk mempelajari psikologi manusia, yang dikenal secara kolektif sebagai ilmu kognitif . Cognitive science again considers the mind as a subject for investigation, using the tools of psychology , linguistics , computer science , philosophy , and neurobiology . Ilmu kognitif lagi menganggap pikiran sebagai bahan penyelidikan, menggunakan alat-alat psikologi , linguistik , ilmu komputer , filsafat , dan neurobiologi . New methods of visualizing the activity of the brain, such as PET scans and CAT scans , began to exert their influence as well, leading some researchers to investigate the mind by investigating the brain, rather than cognition. Metode baru visualisasi aktivitas otak, seperti scan PET dan CAT scan , mulai menggunakan pengaruh mereka juga, menyebabkan beberapa peneliti untuk menyelidiki pikiran dengan menyelidiki otak, bukan kognisi. These new forms of investigation assume that a wide understanding of the human mind is possible, and that such an understanding may be applied to other research domains, such as artificial intelligence . Bentuk-bentuk baru penyelidikan berasumsi bahwa pemahaman yang luas dari pikiran manusia adalah mungkin, dan bahwa pemahaman seperti dapat diterapkan ke domain penelitian lain, seperti kecerdasan buatan .

Sociology Sosiologi

Main article: History of sociology Artikel utama: Sejarah sosiologi
Ibn Khaldun can be regarded as the earliest scientific systematic sociologist. [ 107 ] The modern sociology, emerged in the early 19th century as the academic response to the modernization of the world. Ibnu Khaldun dapat dianggap sebagai sosiolog awal sistematik ilmiah. [107] Para sosiologi modern, muncul di awal abad 19 sebagai respon akademik untuk modernisasi dunia. Among many early sociologists (eg, Émile Durkheim ), the aim of sociology was in structuralism , understanding the cohesion of social groups, and developing an "antidote" to social disintegration. Max Weber was concerned with the modernization of society through the concept of rationalization , which he believed would trap individuals in an "iron cage" of rational thought. Di antara sosiolog awal banyak (misalnya, Émile Durkheim ), tujuan sosiologi di strukturalisme , pengertian kohesi kelompok sosial, dan mengembangkan sebuah "penangkal" untuk disintegrasi sosial. Max Weber prihatin dengan modernisasi masyarakat melalui konsep rasionalisasi , yang ia percaya akan menjebak individu dalam sebuah "sangkar besi" dari pemikiran rasional. Some sociologists, including Georg Simmel and WEB Du Bois , utilized more microsociological , qualitative analyses. Beberapa sosiolog, termasuk Georg Simmel dan WEB Du Bois , dimanfaatkan lebih microsociological , analisis kualitatif. This microlevel approach played an important role in American sociology, with the theories of George Herbert Mead and his student Herbert Blumer resulting in the creation of the symbolic interactionism approach to sociology. Pendekatan microlevel memainkan peran penting dalam sosiologi Amerika, dengan teori-teori George Herbert Mead dan muridnya Herbert Blumer yang mengakibatkan penciptaan interaksionisme simbolik pendekatan sosiologi.
American sociology in the 1940s and 1950s was dominated largely by Talcott Parsons , who argued that aspects of society that promoted structural integration were therefore "functional". Amerika sosiologi tahun 1940-an dan 1950-an sebagian besar didominasi oleh Talcott Parsons , yang berpendapat bahwa aspek masyarakat yang mempromosikan integrasi struktural karena itu "fungsional". This structural functionalism approach was questioned in the 1960s, when sociologists came to see this approach as merely a justification for inequalities present in the status quo. Hal ini fungsionalisme struktural Pendekatan dipertanyakan pada 1960-an, ketika sosiolog datang untuk melihat pendekatan ini hanya sebagai pembenaran untuk ketidaksetaraan hadir dalam status quo. In reaction, conflict theory was developed, which was based in part on the philosophies of Karl Marx . Dalam reaksi, teori konflik dikembangkan, yang sebagian didasarkan pada filsafat Karl Marx . Conflict theorists saw society as an arena in which different groups compete for control over resources. Teori konflik melihat masyarakat sebagai arena di mana kelompok yang berbeda bersaing untuk kontrol atas sumber daya. Symbolic interactionism also came to be regarded as central to sociological thinking. Erving Goffman saw social interactions as a stage performance, with individuals preparing "backstage" and attempting to control their audience through impression management . Interaksionisme simbolis juga datang dianggap sebagai pusat pemikiran sosiologis. Erving Goffman melihat interaksi sosial sebagai penampilan panggung, dengan individu mempersiapkan "panggung" dan mencoba untuk mengendalikan audiens mereka melalui manajemen kesan . While these theories are currently prominent in sociological thought, other approaches exist, including feminist theory , post-structuralism , rational choice theory , and postmodernism . Sementara teori-teori saat ini yang menonjol dalam pemikiran sosiologis, pendekatan-pendekatan lain ada, termasuk teori feminis , pasca-strukturalisme , teori pilihan rasional , dan postmodernisme .

Anthropology Antropologi

Main article: History of anthropology Artikel utama: Sejarah antropologi
Anthropology can best be understood as an outgrowth of the Age of Enlightenment . Antropologi terbaik dapat dipahami sebagai hasil dari Zaman Pencerahan . It was during this period that Europeans attempted systematically to study human behaviour. Ia selama periode ini bahwa Eropa berusaha secara sistematis untuk mempelajari perilaku manusia. Traditions of jurisprudence, history, philology and sociology developed during this time and informed the development of the social sciences of which anthropology was a part. Tradisi yurisprudensi, filologi sejarah, dan sosiologi yang dikembangkan selama waktu ini dan informasi perkembangan ilmu-ilmu sosial yang antropologi merupakan bagian darinya.
At the same time, the romantic reaction to the Enlightenment produced thinkers such as Johann Gottfried Herder and later Wilhelm Dilthey whose work formed the basis for the culture concept which is central to the discipline. Pada saat yang sama, reaksi romantis untuk Pencerahan yang dihasilkan pemikir seperti Herder Johann Gottfried dan kemudian Wilhelm Dilthey yang bekerja membentuk dasar bagi budaya konsep yang merupakan pusat untuk disiplin. Traditionally, much of the history of the subject was based on colonial encounters between Europe and the rest of the world, and much of 18th- and 19th-century anthropology is now classed as forms of scientific racism . Secara tradisional, banyak dari sejarah subjek didasarkan pada kolonial pertemuan antara Eropa dan seluruh dunia, dan banyak antropologi-18 dan abad ke-19 sekarang digolongkan sebagai bentuk rasisme ilmiah .
During the late 19th-century, battles over the "study of man" took place between those of an "anthropological" persuasion (relying on anthropometrical techniques) and those of an " ethnological " persuasion (looking at cultures and traditions), and these distinctions became part of the later divide between physical anthropology and cultural anthropology , the latter ushered in by the students of Franz Boas . Selama akhir abad ke-19, pertempuran atas "ilmu tentang manusia" terjadi antara orang-orang dari sebuah persuasi "antropologi" (mengandalkan anthropometrical teknik) dan orang-orang dari sebuah " etnologis persuasi "(melihat budaya dan tradisi), dan perbedaan ini menjadi bagian dari membagi kemudian antara antropologi fisik dan antropologi budaya , yang terakhir diantar oleh para siswa dari Franz Boas .
In the mid-20th century, much of the methodologies of earlier anthropological and ethnographical study were reevaluated with an eye towards research ethics, while at the same time the scope of investigation has broadened far beyond the traditional study of "primitive cultures" (scientific practice itself is often an arena of anthropological study). Pada pertengahan abad ke-20, banyak metodologi studi antropologis dan etnografis sebelumnya telah dievaluasi ulang dengan mata terhadap etika penelitian, sementara pada saat yang sama ruang lingkup penyelidikan telah memperluas jauh melampaui studi tradisional "kebudayaan primitif" (praktek ilmiah itu sendiri sering merupakan arena studi antropologi).
The emergence of paleoanthropology , a scientific discipline which draws on the methodologies of paleontology , physical anthropology and ethology , among other disciplines, and increasing in scope and momentum from the mid-20th century, continues to yield further insights into human origins, evolution, genetic and cultural heritage, and perspectives on the contemporary human predicament as well. Munculnya paleoantropologi , disiplin ilmiah yang mengacu pada metodologi dari paleontologi , antropologi fisik , dan etologi , antara disiplin lain, dan meningkatkan cakupan dan momentum dari pertengahan abad ke-20, terus menghasilkan wawasan lebih jauh ke dalam asal-usul manusia, evolusi, genetika dan warisan budaya, dan perspektif tentang keadaan manusia kontemporer.

Emerging disciplines Muncul disiplin

During the 20th century, a number of interdisciplinary scientific fields have emerged. Selama abad ke-20, sejumlah bidang ilmiah interdisipliner telah muncul. Three examples will be given here: Tiga contoh akan diberikan di sini:
Computer science , built upon a foundation of theoretical linguistics , discrete mathematics , and electrical engineering , studies the nature and limits of computation. Ilmu komputer , yang dibangun di atas dasar linguistik teoritis , matematika diskrit , dan teknik listrik , studi sifat dan batas-batas perhitungan. Subfields include computability , computational complexity , database design, computer networking , artificial intelligence , and the design of computer hardware . Subfield termasuk komputabilitas , kompleksitas komputasi , database yang desain, jaringan komputer , kecerdasan buatan , dan desain perangkat keras komputer . One area in which advances in computing have contributed to more general scientific development is by facilitating large-scale archiving of scientific data . Satu wilayah di mana kemajuan dalam komputasi telah memberi kontribusi lebih perkembangan ilmiah umum adalah dengan memfasilitasi skala besar pengarsipan data ilmiah . Contemporary computer science typically distinguishes itself by emphasising mathematical 'theory' in contrast to the practical emphasis of software engineering . Ilmu komputer kontemporer biasanya membedakan dirinya dengan menekankan matematika 'teori' kontras dengan penekanan praktis dari rekayasa perangkat lunak .
Materials science has its roots in metallurgy , mineralogy , and crystallography . Ilmu material berakar pada metalurgi , mineralogi , dan kristalografi . It combines chemistry, physics, and several engineering disciplines. Ini menggabungkan kimia, fisika, dan beberapa disiplin ilmu teknik. The field studies metals, ceramics , plastics, semiconductors , and composite materials . Bidang Studi logam, keramik , plastik, semikonduktor , dan material komposit .

Academic study Akademik studi

As an academic field, history of science began with the publication of William Whewell 's History of the Inductive Sciences (first published in 1837). Sebagai bidang akademik, sejarah ilmu pengetahuan dimulai dengan penerbitan William Whewell Sejarah 's Ilmu Induktif (pertama diterbitkan pada 1837). A more formal study of the history of science as an independent discipline was launched by George Sarton 's publications, Introduction to the History of Science (1927) and the Isis journal (founded in 1912). Sebuah penelitian yang lebih formal dari sejarah ilmu pengetahuan sebagai disiplin independen diluncurkan oleh George Sarton 's publikasi, Pengantar Sejarah Ilmu Pengetahuan (1927) dan jurnal Isis (didirikan pada 1912). Sarton exemplified the early 20th century view of the history of science as the history of great men and great ideas. Sarton dicontohkan tampilan awal abad ke-20 dari sejarah ilmu pengetahuan sebagai sejarah orang besar dan ide-ide besar. He shared with many of his contemporaries a Whiggish belief in history as a record of the advances and delays in the march of progress. Ia berbagi dengan banyak orang sezamannya kepercayaan Whiggish dalam sejarah sebagai catatan kemajuan dan keterlambatan dalam pawai kemajuan. The history of science was not a recognized subfield of American history in this period, and most of the work was carried out by interested scientists and physicians rather than professional historians. [ 108 ] With the work of I. Sejarah ilmu pengetahuan tidak subfield diakui sejarah Amerika dalam periode ini, dan sebagian besar pekerjaan dilakukan oleh para ilmuwan tertarik dan dokter bukan sejarawan profesional. [108] Dengan karya I. Bernard Cohen at Harvard, the history of science became an established subdiscipline of history after 1945. [ 109 ] Bernard Cohen di Harvard, sejarah ilmu pengetahuan menjadi mapan subdiscipline sejarah setelah 1945. [109]
The history of mathematics , history of technology , and history of philosophy are distinct areas of research and are covered in other articles. Para sejarah matematika , sejarah teknologi , dan sejarah filsafat adalah area yang berbeda dari penelitian dan dibahas dalam artikel lainnya. Mathematics is closely related to but distinct from natural science (at least in the modern conception). Matematika berkaitan erat dengan tetapi berbeda dari ilmu pengetahuan alam (setidaknya dalam konsepsi modern). Technology is likewise closely related to but clearly differs from the search for empirical truth. Teknologi adalah juga terkait erat dengan tetapi jelas berbeda dari pencarian kebenaran empiris.
History of science is an academic discipline, with an international community of specialists. Sejarah ilmu pengetahuan adalah suatu disiplin akademik, dengan komunitas internasional spesialis. Main professional organizations for this field include the History of Science Society , the British Society for the History of Science , and the European Society for the History of Science . Organisasi profesional utama bidang ini meliputi Sejarah Ilmu Pengetahuan Masyarakat , yang Masyarakat Inggris untuk Sejarah Ilmu Pengetahuan , dan Masyarakat Eropa untuk Sejarah Ilmu Pengetahuan .

Theories and sociology of the history of science Teori dan sosiologi sejarah ilmu pengetahuan

Much of the study of the history of science has been devoted to answering questions about what science is , how it functions , and whether it exhibits large-scale patterns and trends. [ 110 ] The sociology of science in particular has focused on the ways in which scientists work, looking closely at the ways in which they "produce" and "construct" scientific knowledge. Sebagian besar studi tentang sejarah ilmu pengetahuan telah dikhususkan untuk menjawab pertanyaan tentang apa ilmu adalah, bagaimana fungsinya, dan apakah itu pameran skala besar pola dan tren. [110] Para sosiologi ilmu pengetahuan pada khususnya telah difokuskan pada cara-cara yang ilmuwan bekerja, mencermati cara-cara di mana mereka "memproduksi" dan "membangun" pengetahuan ilmiah. Since the 1960s, a common trend in science studies (the study of the sociology and history of science) has been to emphasize the "human component" of scientific knowledge, and to de-emphasize the view that scientific data are self-evident, value-free, and context-free. [ 111 ] The field of Science and Technology Studies , an area that overlaps and often informs historical studies of science, focuses on the social context of science in both contemporary and historical periods. Sejak tahun 1960, kecenderungan umum dalam studi ilmu (studi sosiologi dan sejarah ilmu pengetahuan) telah menekankan "komponen manusia" pengetahuan ilmiah, dan untuk de-menekankan pandangan bahwa data ilmiah yang jelas, nilai bebas, dan bebas konteks. [111] Bidang Studi Sains dan Teknologi , daerah yang tumpang tindih dan sering menginformasikan studi sejarah ilmu pengetahuan, berfokus pada konteks sosial dari ilmu pengetahuan dalam periode kontemporer dan historis.
A major subject of concern and controversy in the philosophy of science has been the nature of theory change in science. Karl Popper argued that scientific knowledge is progressive and cumulative; Thomas Kuhn , that scientific knowledge moves through " paradigm shifts " and is not necessarily progressive; and Paul Feyerabend , that scientific knowledge is not cumulative or progressive and that there can be no demarcation in terms of method between science and any other form of investigation. [ 112 ] Sebuah subjek utama keprihatinan dan kontroversi dalam filsafat ilmu telah menjadi sifat perubahan teori dalam ilmu. Karl Popper berpendapat bahwa pengetahuan ilmiah bersifat progresif dan kumulatif, Thomas Kuhn , yang bergerak pengetahuan ilmiah melalui " pergeseran paradigma "dan belum tentu progresif , dan Paul Feyerabend , bahwa pengetahuan ilmiah tidak kumulatif atau progresif dan bahwa tidak ada demarkasi . dalam hal metode antara ilmu pengetahuan dan segala bentuk lain dari investigasi [112]
Since the publication of Kuhn's The Structure of Scientific Revolutions in 1970, [ 113 ] historians, sociologists, and philosophers of science have debated the meaning and objectivity of science. Sejak publikasi itu Kuhn The Structure of Scientific Revolutions pada tahun 1970, [113] sejarawan, sosiolog, dan filsuf ilmu pengetahuan telah diperdebatkan arti dan objektivitas ilmu pengetahuan

Kindly Bookmark and Share it:

0 komentar:

Posting Komentar